Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Iwan Persada mengatakan, anggaran 2024  menghibahkan bibit ternak itik untuk kelompok peternakan di Kecamatan Bumi Makmur.

"Hibah ternak untuk kelompok peternakan dari Disnakeswan Tanah Laut  di Tahun 2024 tersebut berupa, bibit Itik Petelor sebanyak 2.000 ekor untuk empat kelompok peternak," ujar Iwan Persada, di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Bisnis Itik lewat "Siti Hawa Lari" di Kalsel menjanjikan

Selain itu, menurut dia, Disnakeswan Tanah Laut juga menghibahkan Sapi sebanyak 20 ekor untuk empat kelompok peternak dan Kerbau 10 ekor untuk satu kelompok peternak.

"Untuk hibah bibit Itik Petelor kita serahkan ke kelompok peternak di Desa Bumi Makmur," terangnya.

Bantuan tersebut, jelas dia, mulai dari bibit, pakan dan obat-obarnnya hingga Itik tersebut menghasilkan telor.

"Setelah Itik mulai produksi telor tidak lagi mendapatkan bantuan makanan dan obat-obatannya," terangnya.

Sedangkan untuk hibah bibit Sapi, sebut dia, Disnakeswan Tanah Laut serahkan kelompok peternak Kecamatan Jorong dan  hibah Kerbau untuk Kecamatan  Bati-Bati.

Untuk kegiatan lainnya  di Tahun 2024, jelas dia, Disnakeswan Tanah Laut juga lebih banyak melakukan program pelayanan kesehatan hewan, produksinya dan kawin suntik.

Baca juga: Bisnis Itik Balagung di HSU sangat menjanjikan

"Sementara ini petugas kami banyak bukan berasal dari ASN, tapi lebih banyak petugas swadaya. Sehingga, peternak bisa mengerti kepada mereka untuk memberikan ongkos lelah, karena mereka tidak ada gaji dari pemerintah tapi petugas swadaya murni," tandasnya.

Cuma, ucap dia, untuk bibit, obat-obatan itu berasal dari bantuan pemerintah, hanya bantuan operasionalnya saja dari bantuan masyarakat.

Lebih lanjut dia mengemukakan, untuk pelayanan pinjam Sapi dan kredit Sapi belum pihaknya laksanakan. 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024