Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin mengimbau kepada warga agar waspada dan tidak mudah percaya dengan oknum yang mengklaim dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap oknum yang mengklaim dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri,” kata Riza di Kabupaten Balangan, Rabu.

Baca juga: Biro SDM Polda Kalsel susur sungai optimalkan animo masyarakat daftar polisi

Riza menegaskan bahwa pendaftaran untuk masuk menjadi calon anggota Polri tidak dikenakan biaya apa pun, karena masuk Polisi ini adalah gratis.

Riza juga memastikan bahwa proses rekrutmen anggota Polri di Kabupaten Balangan berjalan lancar dan bebas dari praktik kecurangan, yaitu dengan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (BETAH).

“Saya sarankan agar para calon anggota Polri belajar dengan baik, mempersiapkan fisik dan mental serta mempercayakan diri pada kemampuan sendiri dan berdoa kepada Allah SWT,” tutur Riza.

Sementara itu Kasi Humas Polres Balangan Iptu B. Piktrus menerangkan untuk rekrutmen Polri di Balangan diikuti sebanyak 49 peserta mulai dari Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) hingga Bintara Rekrutmen Proaktif (Rekpro).

Piktrus melanjutkan adapun jumlah peserta yang mendaftar sebagai calon anggota Polri sebanyak 49 orang yang terdiri dari Bintara PTU sebanyak 37 orang, 32 pria dan lima wanita.

Kemudian Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) yang diambil dari lulusan keahlian Nakes satu orang dan keahlian kehumasan serta TI dua orang.

Baca juga: Polisi antisipasi peredaran obat daftar W

Terakhir Bintara Rekpro ada lima orang, Rekpro ini diambil dari prestasi yang terdiri dari Affirmative yaitu suku pedalaman terpencil dan wilayah perbatasan, Talent Scouting atau prestasi akademik dan non akademik, Penghargaan serta Disabilitas.

Diketahui adapun pendataran tersebut dimulai dari tanggal 5 April 2024 sampai dengan tanggal 25 April 2024, setelah selesai pengumuman pemeriksaan administrasi tanggal 25 April 2024 bagi yang memenuhi persyaratan akan diserahkan berkasnya ke tingkat panitia daerah di Polda Kalsel.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024