Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel) Suharyanti Mujiyat berharap, keberadaan  Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) mampu mensejahterakan lingkungan sekitar. 

“Pada kesempatan ini kita harus memastikan bagaimana lingkungan yang bagus, sejahtera, makmur dan damai, sehingga dapat dirasakan oleh semuanya,” kata Suharyanti turut menjadi Tim Penilai Posyandu, dalam siaran pers disampaikan, Senin.

Selain itu, dia berharap, hasil didapat berdampak positif bagi Pemerintahan Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola).

 “Kepada rekan-rekan Posyandu, saya berharap selalu semangat untuk mengabdikan diri pada masyarakat di Batola,  sehingga menjadikan lingkungan sehat dan sejahtera,"tandasnya.

Dengan demikian, jelas dia, harapan dari pemerintah pusat untuk percepatan penurunan stunting tercapai.

Sementara, Kabid Kesmas Dinkes Batola H Muhammad Halimuddin mengatakan, Tim Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Batola Tahun 2024 telah melaksanakan kunjungan ke Posyandu di Desa Pandan Sari, kecamatan Anjir Pasar, Desa Anjir Muara Lama, Kecamatan Anjir Muara dan Desa Puntik Luar, Kecamatan Mandastana, Sabtu (20/04/2024).

Kunjungan itu, sebut dia, untuk menentukan juara satu untuk mewakili Kabupaten Batola ke Tingkat Provinsi Kalsel pada bulan Mei mendatang.

“Sebelumnya tahapan penilaian lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Batola Tahun 2024 dimulai dari masing-masing kecamatan mengirimkan perwakilan juara lomba Posyandu di 17 kecamatan.

Selain itu, kata dia, masing-masing kecamatan juga diminta untuk mengumpulkan Profil Posyandu ke Tim Penilai Kabupaten pada bulan Februari.

Selanjutnya, sambung dia, Tim Penilai Kabupaten melakukan penilaian terhadap 17 Profil Posyandu dan dari jumlah tersebut  kembali diseleksi, sehingga  dipilih enam profil.

Dari enam Profil Posyandu tersebut diseleksi lagi, terang dia, sehingga mendapatkan tiga terbaik.

Dari tiga Profil Posyandu terbaik tersebut, ungkapnya, maka Tim Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Batola Tahun 2024 melakukukan kunjungan untuk penilaian tahap akhir dan menentukan juara satu, dua dan tiga.

Lomba penilaian Posyandu Tingkat Kabupaten Batola 2024 melibatkan Tim Penilai dari 14 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) memiliki form penilaian sendiri.

Salah satunya dari Dinas Kominfo Batola langsung dihadiri oleh Kepala Dinas Hery Sasmita sebagai salah satu penilai. 

Ada tujuh meja harus dilalui dalam penilaian kegiatan tersebut yakni, meja pendaftaran, meja pengukuran tinggi dan berat badan, meja pencatatan, meja penyuluhan gizi, meja pelayanan kesehatan, meja penganekaragaman pangan dan meja peningkatan ekonomi keluarga.
Tim Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Batola Tahun 2024 mengunjungi Posyandu di Desa Pandan Sari, kecamatan Anjir Pasar, Desa Anjir Muara Lama, Kecamatan Anjir Muara dan Desa Puntik Luar, Kecamatan Mandastana, Sabtu (20/04/2024).(Antara/Diskominfo Batola)

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024