Mudik Lebaran selalu menjadi momen yang dinantikan banyak orang, antrian panjang pemudik untuk mendapatkan tiket keberangkatan menyebabkan penumpukan penumpang. Untuk mengurainya mesin check-in mandiri menjadi solusi efektif untuk diterapkan.

Ada Tiga mesin check-in mandiri yang operasikan PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Banjarmasin, untuk melayani calon pemudik untuk mendapatkan e-tiket di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Manajer Cabang PT Dharma Lautan Utama, Anton Wahyudi, mengatakan, mesin check-in mandiri itu,telah dioperasikan beberapa tahun belakangan ini.

Selain untuk  mengurai antrian pemudik. Keberadaan mesin check-in mandiri, juga dimaksudkan sebagai sarana edukasi bagi warga, agar bisa menggunakan teknologi digital, untuk memudahkan pemesanan tiket.

"Kita ada Tiga mesin check-in mandiri yang kita sediakan untuk di terminal Banjarmasin, begitu juga kita juga siapkan counter chekk-in sebannyak Tiga “ kata Anton.

Anton menambahkan, saat ini seluruh kegiatan penjualan tiket menggunakan online, meskipun calon penumpang membeli melalui agen maupun kantor cabang, tetap di bantu pemesanannya secara online.
 
Anton Wahyudi, Manajer Cabang PT Dharma Lautan Utama (DLU) Banjarmasin. Sabtu (7/4/2024) (ANTARA/ Latif Thohir)

Layanan itu pun mendapat respon baik oleh para pelaku perjalanan, salah satunya Khairon pemudik tujuan Surabaya, menurutnya melakukan check- in mandiri sangat mudah dan tidak perlu antri.

Khoiron mengaku, mudik menggunakan kapal laut ini, merupakan pengalaman pertama kalinya, ia pun menilai pelayanan mudik melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin cukup baik.selain itu juga jauh lebih ekonomis di bandingkan menggunakan transportasi udara.

"Pengalaman pertama mudik bersama keluarga dengan Kapal laut, kami terlayani, diarahkan, tiket mudah dipesan, ditambah ada layanan cek-in ini saya rasa mudah sekali," ucap Khoiron..
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024