Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kemenkumham Kalsel) dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalsel berkolaborasi  memperkuat penegakan hukum di provinsi berjuluk "Bumi Lambung Mangkurat" itu.

"Kami terus bersinergi dan meningkatkan kolaborasi dalam menjalankan amanah untuk penegakan hukum bersama," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Kakanwil pesankan untuk meningkatkan silaturahmi dan keimanan

Taufiqurrakhman melaksanakan kunjungan silaturahim dan koordinasi kepada Kepala Kejati Kalsel Mukri untuk memperkenalkan diri selaku Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel yang baru.

Dia menyatakan komitmen kuat untuk meningkatkan kerja sama dengan Kejaksaan dalam berbagai aspek penegakan hukum.

Menurutnya, kedua instansi baik Kemenkumham maupun Kejaksaan mempunyai peran penting sebagai aparatur penegak hukum (APH).

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Kalsel hadiri Safari Ramadhan Pangdam VI/Mulawarman

Oleh karena itu, kerja sama yang erat diperlukan sebagai upaya memberikan kepastian hukum bagi masyarakat.

Sementara Mukri menyampaikan komitmen yang sama dalam hal mendukung peningkatan pelayanan hukum yang dilaksanakan Kemenkumham dan jajarannya.

"Bukan hanya penegakan hukum yang bersifat represif, namun upaya pencegahan juga kita mesti kedepankan bersama sehingga peristiwa pidana bisa ditekan," jelasnya.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel terima hibah lahan untuk Lapas Terbuka di Tala

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024