Batulicin,  (Antaranews Kalsel) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, meraih juara dua tingkat Nasional dalam perlombaan debat Bahasa Indonesia.

"Dalam Lomba debat di Bangka Belitung 10-15 Oktober 2016 diwakili oleh Ria Nita Anggreini bersama dengan Tim Debat Kalsel berhasil meraih Juara dua setelah di final bersama dengan Tim SMK dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat," kata Kepala Dinas Pendidikan Tanah Bumbu Sartono, di Batulicin, Senin.

Ia mengatakan, lomba debat bahasa Indonesia tahun ini dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tuan rumah Kepulauan Bangka Belitung. Selain lomba debat bahasa Indonesia tingkat Nasional untuk pelajar SMK, juga dilombakan debat bahasa asing.

Ada enam bahasa asing yang dilombakan yakni Bahasa Jepang, Mandarin, Inggris, Korea, Prancis, dan Jerman. Sedangkan peserta terdiri dari jagoan bahasa di 33 Provinsi di Indonesia.

Sebelum mengikuti perlombaan, banyak persiapan yang di lakukan dari dimnas pendidikan kepada siswa terkait, diantaranya dengan memberikan tambahan belajar khusus dan pembinaan agar lebih terampil dalam mengunakan bahasa yang diperlombakan.

"Ria Nita Anggreini merupakan putri dari pasangan Muhammad Helmi dan Nurul Hikmah dari Desa Pagaruyung Kecamatan Kusan Hilir. Berbagai prestasi di ukirnya ditingkat Provinsi Kalimantan Selatan yakni penghargaan terbaik satu Kategori Pembicara dua di Kalimantan Selatan, sehingga kami memilih dia untuk mengikuti perlombaan tingkat nasional," katanya.

Sementatara itu guru bahasa indonesia SMKN 1 Kusan Hilir sekaligus Pembimbing dari Ria Nita Anggreini Fauzi Rohmah mengucapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi bertaraf nasional yang di raih pelajar Tanah Bumbu khususnya SMKN 1 Kusan Hilir.

Dengan prestasi yang di ukir di tingkat Nasional tersebut tentunya diharapkan kedepannya ada siswa-siswi SMPN 1 Kusan Hilir maupun sekjolah blain yang ada di Tanah Bumbu mampu berprestasi di tingkat Nasional.

Sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada siswa dan siswi berprestasi, pemerintah daerah akan memberikan reward berupa beasiswa maupun reward lainnya.

"Semoga menjadi inspirasi bagi siswa dan siswi lainnya di Kabupaten Tanah Bumbu untuk terus berprestasi di tahun-tahun mendatang," kata Sartono.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016