Tokoh pemuda dan organisasi kepemudaan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah mendesak segera dilaksanakan musyawarah daerah (Musda) KNPI daerah tersebut.


Disekan yang disampaikan di Barabai Sabtu tersebut dengan alasan akan berakhirnya masa kepengurusan DPD KNPI HST Periode 2009-2011.

Ketua Himpunan Pemuda  Al Washliyah (Himmah) HST Syamsurani mengatakan beberapa OKP di HST  mendesak Musda KNPI dipercepat sebagai upaya regenerasi kepemimpinan.

"Dengan adanya Musda kita berharap segera mendapatkan ketua dan pengurus yang amanah serta dapat mengayomi seluruh OKP di HST tanpa membeda-bedakan organisasi dan golongan maupun kepentingan," katanya.

Pendapat sama disampaikan Ketua Angkatan Muda Ka'bah Jainudin  yang menghendaki agar DPD KNPI HST segera melaksanakan Musda sebelum masa baktinya berakhir.

Dengan demikian, kata dia, kedepannya KNPI bisa lebih optimal untuk memberikan sumbangsih pemikiran  dan karya nyata untuk kemajuan organisasi khususnya dan daerah umumnya.

Sementara Alfisah Wahdah dari Muslimat NU menjelaskan dengan Musda dipercepat diharapkan akan mucul figur-figur baru dan gerakan nyata pemuda dalam mendukungan program pembangunan.

Apalagi, tambah dia, saat ini pembangunan di daerah sedang giat-giatnya dilaksanakan bersama Pemerintah Kabupaten HST.

"KNPI adalah wadah pemuda untuk mengembangkan kreatiftas untuk bergerak mengikuti kemajuan zaman, sehingga keberadaannya benar-benar bisa dirasakan manfaatnya," katanya.

Menurut dia, peran pemuda bisa berupa apa saja yang penting adalah menyentuh kepentingan masyarakat seperti bakti sosial, pelatihan kepemimpinan, bimbingan kewirausahaan, membentuk kelompok remaja dan pemuda kreatif, aktif dalam kegiatan sosial.

Tokoh Senior KNPI yang juga anggota DPRD HST H Tajuddin Noor memesankan agar dalam Musda KNPI senantiasa memperhatikan azas demokrasi sehingga pada akhirnya organisasi ini dapat menjadi perekat dan penghubung banyak OKP.

Selain itu juga berwawasan luas serta yang lebih penting Ketua KNPI berdomisili di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.


"KNPI jangan sampai ditunggangi oleh kepentingan-kepentingan diluar kepemudaan seperti kepentingan politik," katanya.

Wakil Sekretaris PC PMII Barabai M Suriadi berpendapat desakan Musda KNPI dipercepat tepat untuk melakukan pembenahan internal di tubuh KNPI yang belum terbina secara baik sampai di akar rumput.

Menurut dia, seharusnya KNPI kecamatan menjadi ujung tombak pengembangan wadah kepemudaan ini namun kenyataannya pengurus kecamatan sejak di SK kan belum pernah dilantik dan rutin dilibatkan di kegiatan KNPI.

Begitupun Pengurus GM Kosgoro Harman Humaidi mendesak Musda KNPI dipercepat mengingat kegiatan KNPI  yang dilaksanakan belum efektif menyentuh kegiatan pembinaan kepemudaan disamping banyak pengurus yang berdomisili di luar daerah dan tidak aktif karena pekerjaan.Fat/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011