Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan memastikan salah satu wilayah penduduk di Kelurahan Alalak Selatan Banjarmasin Utara mewakili kota setempat pada Lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) 2024 tingkat provinsi.
 
"Kita bersyukur salah satu Kampung KB di wilayah kita sudah masuk lima besar penilaian lomba Kampung KB tingkat provinsi tahun 2024," ujar Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin evaluasi strategi program 44 kampung KB
 
Menurut dia, Kampung KB Banjarmasin yang masuk nominasi penilaian verifikasi lapangan lomba Kampung KB 2024 tersebut berada di Jalan Komplek Dasa Maya II Blok K RT16, Kelurahan Alalak Selatan, Kecamatan Banjarmasin Utara.
 
Arifin mengaku menghadiri langsung tim Pokja Pengendalian Pendudukan BKKBN Perwakilan Kalimantan Selatan yang datang langsung ke Kampung KB di Banjarmasin tersebut.
 
Arifin menyampaikan bangga dari sekitar 40 Kampung KB yang dibentuk di Banjarmasin sejak 2016 telah menunjukkan prestasi dan diharapkan lolos ke tingkat nasional.
 
Karenanya, Arifin Noor mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kebijakan telah berjuang untuk peningkatan kualitas kampung KB terutama di wilayah Alalak Selatan lewat berbagai program maupun terobosan yang ada.
 
"Sejak awal saya katakan bahwa jangan sampai ada yang tertinggal, kita ingin semua keluarga di Banjarmasin berkualitas. Alalak Selatan ini jadi contoh dan perwakilan kita untuk ke tingkat provinsi," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin gencarkan program "Kampung KB"
 
Dia berharap penilaian dan verifikasi lapangan yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang terbaik dan mampu membawa kelurahan Alalak Selatan lolos ke tahapan nasional.
 
"Ulun (saya) titip baik kepada Camat, Lurah, Babinsa, Babinkamtibnas hingga ke tingkat RT, RW, agar bagaimana kita dapat kompak dalam hal pengawasan untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Tim Pokja Pengendalian Pendudukan BKKBN Perwakilan Kalimantan Selatan, Sopyan menyampaikan alasan dipilihnya Alalak Selatan sebagai salah satu nominasi penilaian kampung KB tingkat provinsi karena telah memenuhi kriteria-kriteria klasifikasi program kampung KB yang dicanangkan.
 
"Di sini (Alalak Selatan) untuk klasifikasi sudah mencapai posisi tertinggi, artinya semua program pemerintah sudah terlaksana berkaitan dengan kampung KB," terang Sopyan.
 
"Tinggal pada hari ini kami tim penilai melakukan pengecekan kembali sebagai bentuk verifikasi untuk cek kebenarannya apakah sesuai dengan apa yang telah disampaikan di website kampung KB-nya," tambahnya.
 
Sejak dibentuk pada tahun 2018, Kampung KB di Alalak Selatan terus melakukan pembenahan secara berkala, termasuk upaya pengurangan kawasan kumuh dan pembangunan sarana prasarana berupa toilet komunal bagi masyarakat, infrastruktur jalan di gang/komplek serta taman dan kolam ikan.

Baca juga: Dua Kelurahan di Banjarmasin masuk nominasi Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024