Perusahaan tambang batubara PT Borneo Indobara (BIB) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, melakukan aksi bersih-bersih di objek wisata Pantai Angsana.

"Kegiatan itu dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional 2024," kata salah satu staf Environment & Reclamation pada PT BIB Usman di Batulicin Kamis.

Kegiatan  ini juga untuk  meningkatkan kepedulian dan partisipasi karyawan perusahaan PT BIB dan semua mitra kerjanya serta masyarakat di sekitar pantai Angsana dalam menjaga lingkungan pesisir pantai untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari.

Dia mengatakan, dalam memperingati hari peduli sampah nasional 2024, banyak rangkaian acara yang telah dilaksanakan sejak 7 Februari 2024. Salah satunya dengan menyelenggarakan seminar dan workshop dengan mengusung tema "Gerakan Kelola Sampah dari Rumah".

Seminar tersebut juga melibatkan DLH Kabupaten Tanah Bumbu dan komunitas pemerhati lingkungan "Putik Bersih" sebagai nara sumber.

Banyak masyarakat yang terlibat dan antusias untuk memeriahkan acara tersebut. Mereka dari Desa Mekarjaya dan Desa Karang Indah Kecamatan Angsana.

Adapun materi yang disampaikan pada seminar tersebut terkait pemilahan sampah rumah tangga dan cara pengelolaan sampah hingga dapat menghasilkan nilai komersil serta pembuatan kompos dari sampah organik rumah tangga.

"melihat antusias warga, tidak menutup kemungkinan acara ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya," terang Usman.

Pada kesempatan tersebut, PT BIB juga menyerahkan beberapa unit bak sampah untuk Desa Mekarjaya dan Desa Karang Indah.
PT BIB bersama pemda gelar aksi bersih-bersih pantai  (ANTARA/HO-PT BIB)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024