Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin mendukung partisipasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat pada International Handycraft Trade Fair (INACRAFT) di Jakarta pada 28 Februari-3 Maret 2024.
 
Aditya menunjukkan dukungan usai mengunjungi stan Dekranasda Banjarbaru yang menjual berbagai produk unggulan lokal hasil karya perajin UMKM.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru Aditya penerima anugerah PWI bidang UMKM
 
"Kami senang bisa mengunjungi stan Pemkot Banjarbaru di INACRAFT sekaligus memberi semangat bagi pengurus Dekranasda," ujar Aditya saat dikonfirmasi di Banjarbaru, Rabu malam.
 
Menurut Aditya didampingi Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Vivi Mar'i Zubedi, pihaknya juga bangga karena beberapa produk unggulan Banjarbaru bisa ditampilkan pada pameran Inacraft ke-24 itu.
 
Disebutkan Aditya, berbagai produk lokal unggulan ditampilkan pada acara yang dibuka Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki di Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu dan menyedot banyak pengunjung pada pameran nasional tersebut.
 
"Sejumlah produk unggulan yang dipamerkan diantaranya kerajinan kayu ulin, rotan, dan Bhanjaru Bags berupa tas rajut yang sudah tembus penjualan terbaik ke-3 pada event internasional di Singapura" ucapnya.

Baca juga: DPRD Banjarbaru dukung Pemkot berikan perlindungan koperasi dan UMKM
 
Aditya bersama istri yang juga Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru berkomitmen memajukan UMKM yang merupakan program unggulan dari sejumlah perajin di kota setempat.
 
"Kami didukung SKPD berkomitmen memajukan UMKM dengan harapan menjadikan Banjarbaru lebih dikenal, pasar semakin terbuka, standarisasi tercapai dan tentu kesejahteraan juga makin meningkat," ucapnya.
 
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Banjarbaru Sri Lailana menuturkan INACRAFT merupakan sarana promosi yang baik bagi pengembangan industri kerajinan di Kota Idaman.
 
"Tujuan mengikuti INACRAFT selain produk UMKM unggulan Banjarbaru dikenal luas karena pengunjung dari dalam dan luar negeri, juga melihat kerajinan daerah lain sehingga bisa meningkatkan kreativitas perajin di Banjarbaru," katanya.

Baca juga: Wali Kota siap jadikan kualitas produk UMKM Banjarbaru barometer Kalsel

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024