Tim Penggerak(TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga(PKK) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI), Lomba Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), Lomba Menu Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun 2024.

Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Bupati HSS  diikuti dengan  pengurus PKK dari seluruh kecamatan di Kabupaten HSS dan kegiatan dibuka oleh Penjabat Bupati HSS Hermansyah.

"Kita apresiasi kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi aktif dalam lomba ini, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sarana edukasi bagi masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi," kata Ketua TP PKK HSS Rusnawati Hermansyah, di Kandangan, Senin.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan seperti ini, kesadaran akan pentingnya pola makan sehat dan bergizi dapat semakin ditingkatkan di kalangan masyarakat Kabupaten HSS.

Pj Bupati HSS Hermansyah mengatakan peran ibu-ibu sangat besar untuk kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan, sehingga  masing-masing perangkat daerah dapat melibatkan TP PKK , agar kegiatan melibatkan perempuan dan anak lebih maksimal lagi, sebab peran perempuan dalam keluarga sangat besar.

Terkait lomba menu makanan yang dilaksanakan hari ini, Pj. Bupati merasa kagum karena variasi makanannya luar biasa berkelas seperti di resto.

"Ini sebuah inovasi yang sangat baik dari TP PKK, makanan seperti ini akan kita terus kembangkan dan akan dimasukkan lagi menu-menu yang ditampilkan, ketika ada acara-acara di kabupaten," tuturnya.

Dirinya berharap kegiatan lomba seperti ini akan semakin ditingkatkan sehingga makin meningkatkan kemampuan TP PKK HSS, untuk lebih kreatif dan inovatif mengembangkan bahan-bahan lokal.

Adapun dalam lomba, peserta menunjukkan kreativitas dan keahlian dalam mengolah berbagai jenis ikan menjadi hidangan lezat dan bergizi.

Sementara itu, Lomba Menu B2SA menekankan pada penyajian menu seimbang yang memperhatikan aspek gizi, keberagaman bahan makanan, dan keamanan pangan.

Selain itu untuk Lomba Menu Dapur Sehat Atasi Stunting menyajikan hidangan makanan yang bernutrisi untuk anak, memperhatikan kandungan nutrisi makanan yang akan diberikan kepada anak agar bisa menjadi anak yang tumbuh dengan baik guna atasi pencegahan stunting.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024