Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar aksi bersih-bersih di pesisir pantai dan tanam pohon dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024. 

"Kegiatan ini kami juga melibatkan beberapa perusahaan untuk ikut andil dalam aksi bersih-bersih," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu Rahmad Prapto Udoyo, di Batulicin Ahad.

Dia mengatakan, aksi bersih pantai dan tanam pohon difokuskan di kawasan objek wisata Masjid Apung Ziyadatul Abrar Pantai Pagatan Kusan Hilir. Dan kawasan merupakan ikon wisata Tanah Bumbu.  

Menurut dia, pelaksanaan yang di fokuskan di Kusan Hilir sudah sesuai dengan DED Revitalisasi Siring Pagatan.
 


Dalam kesempatan itu pemerintah daerah juga menyerahan bantuan bak sampah dan pengenalan Bank Sampah Julpikar's dari hasil kegiatan sumbang, jual, pilah, dan tukar sampah bernilai ekonomis kepada masyarakat sekitar.

"HPSN ini tidak hanya mengatasi sampah plastiknya saja. Tetapi imlementasinya bisa juga melalui penanaman pohon, inovasi pemanfaatan sampah, dan lainnya yang berkaitan dengan lingkungan," terangnya.

Pengelolaan sampah juga butuh inovasi. Untuk itu, harapannya agar semua stakeholder melakukan aksi nyata terhadap lingkungan. Karena kita ketahui bersama, perubahan iklim sangat luar biasa terjadi, sehingga perlu melakukan aksi nyata untuk eksistensi lingkungan sampai kedepannya.
 

Pewarta: Diskominfo

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024