Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, Zakly Asswan menyebutkan peran penting petugas satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada pemilihan umum menjelang pemungutan suara pada Rabu.

“Saya minta Satlinmas memberikan pelayanan yang cepat dan tepat terhadap segala gangguan keamanan khususnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata dia di Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalsel, Selasa.

Baca juga: KPU HSU matangkan persiapan distribusi logistik pemilu

Ia menginstruksikan seluruh anggota satlinmas agar selalu peka terhadap perubahan sosial di lingkungan masyarakat selama proses pemungutan suara.

“Anggota satlinmas harus lebih peka dengan mengutamakan langkah-langkah antisipatif agar saat terjadi masalah di lapangan tidak berdampak lebih luas,” ujarnya.

Hal itu, kata Zakly, sebagai upaya meredam berbagai ancaman dari luar yang mencoba mengganggu stabilitas penyelenggaraan pemilu khususnya di Hulu Sungai Utara.

Baca juga: Pemkab HSU minta KPU tingkatkan sosialisasi pencoblosan pemilu

Oleh karena itu, dia meminta anggota satlinmas melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan jangan takut mengatasi kejadian yang dianggap membahayakan ketertiban umum.

Sementara itu, Kepala Satpol-PP dan Damkar Kabupaten Hulu Sungai Utara Asikin Noor mengatakan ada sebanyak 430 anggota satlinmas yang ditugaskan untuk menjaga seluruh TPS di seluruh desa se-kabupaten.

Menurut dia, kehadiran anggota satlinmas sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah memberikan perlindungan kepada masyarakat di lingkungan desa.

“Seluruh anggota satlinmas siap turun untuk mengawal Pemilu 2024 agar berjalan dengan lancar dan sukses,” ujar Asikin.

Baca juga: Dandim 1001/HSU-BLG sosialisasikan netralitas TNI bagi anggota Persit

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024