Bank Kalsel dan Badan Pengelola (BP) Geopark Meratus menandatangani kesepakatan bersama sebagai upaya memperkuat kemitraan dan mendukung inisiatif keberlanjutan.

Berdasarkan keterangan tertulis di Banjarmasin, Jumat, Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin bersama Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana menandatangani kesepakatan tersebut di Desa Belangian, Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.

Baca juga: Paman Birin pimpin RUPS Bank Kalsel tahun 2024

Fachrudin mengatakan kesepakatan tersebut merupakan komitmen bersama untuk keberlanjutan melestarikan lingkungan dan pengembangan Geopark Meratus sebagai destinasi wisata.

Selain itu, Bank Kalsel juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat Desa Belangian yang merupakan salah satu daerah yang ditetapkan sebagai situs Geopark Meratus.

Bantuan tersebut berupa fasilitas tempat tidur bagi "homestay" dan prasarana kerja bagi perajin Sasirangan "Ecoprint" kepada Kepala Desa Belangian Ainul Khoir.

"Kami berharap bantuan tersebut dapat memberikan dampak positif dan memberdayakan masyarakat setempat," kata Fachrudin.

Baca juga: Komisi II sarankan Masyarakat Buka Usaha mandiri melalui pinjaman modal dari Bank Kalsel

Ketua Ikatan Istri Pegawai Bank Kalsel Miliyani juga memberikan bantuan "pounding" untuk Sasirangan yang diterima salah satu perajin Ida Fitriani dan bantuan kebutuhan pokok bagi 135 kepala keluarga di Desa Belangian.

Sementara itu, Ketua Harian BP Geopark Meratus yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana mengapresiasi bantuan yang diberikan Bank Kalsel untuk mengembangkan situs Geopark Meratus.

"Kerja sama ini akan membantu warga menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengembangkan potensi pariwisata di kawasan Geopark Meratus," ucap Hanifah.

Baca juga: Komisi II DPRD Kalsel jembatani warga sampaikan aspirasi ke Bank Kalsel dan Bappeda Kalsel

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024