Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan siap membuka mal pelayanan publik digital yang memberikan pelayanan lebih cepat dan efisien serta inklusif bagi setiap masyarakat di kota setempat.
 
"Mal pelayanan publik digital adalah salah satu upaya meningkatkan pelayanan publik yang lebih efisien dan inklusif bagi masyarakat," ujar Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin di Banjarbaru, Rabu.

Baca juga: Kalsel tangkap 28 kapal cantrang terkait "ilegal fishing"
 
Pernyataan itu disampaikan wali kota saat sosialisasi Mal Pelayanan Publik Digital di Aula Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru dihadiri pimpinan SKPD pemkot, pegawai rumah sakit dan undangan lainnya.
 
Menurut wali kota, sosialisasi adalah bagian dari transformasi digital dalam menyediakan layanan publik yang lebih cepat, mudah diakses dan ramah pengguna bagi masyarakat Ibu Kota Provinsi Kalsel itu.
 
"Salah satu aspek penting dari program ini adalah penyesuaian persyaratan perizinan bagi tenaga kesehatan, sejalan dengan ketentuan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023," ucap Aditya.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru maksimalkan peran posyandu cegah stunting
 
Dijelaskan, UU itu memberikan kerangka hukum baru mengatur berbagai aspek terkait persyaratan perizinan tenaga kesehatan, agar tercipta standar layanan kesehatan di seluruh Indonesia.
 
"Setiap ASN terutama tenaga kesehatan dituntut berinovasi dan penuh kreasi agar memenuhi segala tuntutan pelayanan yang harus terus ditingkatkan sehingga masyarakat puas menerimanya," ucap Aditya.
 
Ditekankan, mal pelayanan publik digital untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat karena bisa mengakses pelayanan sesuai kebutuhan baik kesehatan, kependudukan dan lainnya.
 
"Kami terus komitmen meningkatkan kualitas layanan publik dan harus memastikan setiap masyarakat Kota Banjarbaru, dapat menikmati akses yang lebih mudah dan efesien terhadap layanan publik," kata dia.
 
Diketahui, Mal Pelayanan Publik Digital dicanangkan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bersama KemenPan RB RI dengan total sebanyak 60 Mal Pelayanan Publik se-Indonesia yang telah menjalankan digital.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru beri penghargaan kepada ratusan pejabat

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024