Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau yang akrab dengan sapaan Paman Birin mengharapkan agar koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat semakin maju.

Harapan orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) tersebut dalam sambutannya pada Rapat Paripurna DPRD Kalsel yang dipimpin Ketuanya H Supian HK di Banjarmasin, Rabu sore.

Baca juga: Karlie nyatakan sosialisasikan empat pilar kebangsaan agar kehidupan tertata lebih baik
 
Rapat Paripurna Dewan tersebut dengan agenda antara lain pengambilan keputusan DPRD Kalsel terhadap Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota itu.

Dalam sambutannya yang dibacakan Sekdaprov Kalse Roy Rizali Anwar itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menegaskan koperasi dan UMKM merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat di Kalsel yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa.

"Oleh karena itu, kita harapkan keberadaan koperasi dan UMKM dapat menyejahterakan masyarakat setempat. Kita harapkan pula kesejahteraan masyarakat makin meningkat," ujar Sahbirin.

Harapan senada dari Ketua DPRD Kalsel, seraya menambahkan, agar belajar pada pengalaman masa lalu seperti ketika Koperasi Unit Desa (KUD) pernah berkembang pesat dalam menunjang usaha tani.

Baca juga: Mantan Wagub Kalsel Rosehan ingatkan perlu penjagaan TPS

Sementara Panitia Khusus (Raperda) tersebut yang diketuai Nor Fajri tidak ada memberi cacatan khusus dari pembahasan mereka, kecuali mengemukakan harapan serupa agar keberadaan koperasi dan UMKM ke depan dapat meningkatkan kesejahteraan.

Pada kesempatan itu pula pengambilan keputusan persetujuan atas hibah aset Pemprov kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) senilai Rp13 miliar lebih.

Sebelumnya membacakan hasil pembahasan hibah aset Pemprov tersebut, anggota Komisi II DPRD Kalsel H Karlie Hanafi Kalianda yaitu sebanyak delapan jenis alat kesehatan buat RSUD dr Andi Abdurrahman Tanah Bumbu.

Baca juga: Suripno nyatakan kesuksesan Pemilu tanggungjawab bersama

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar membacakan sambutan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Rabu (7/2/2024). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024