Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menjadwalkan distribusi logistik pemilu di kawasan terpencil satu Minggu sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

Ketua KPU Kabupaten Tabalong Ardiansyah menyebutkan 16 TPS berada dalam kawasan terpencil tersebar di Kecamatan Bintang Ara dan Muara Uya 

"Distribusi logistik di kawan terpencil kita lakukan lebih awal untuk antisipasi adanya kondisi khusus jelang pemungutan suara yang dapat segera tertangani," jelas Ardiansyah di Tabalong, Kamis.

Untuk TPS kawasan terpencil masing-masing-masing di Desa Hegar Manah, Desa Dambung Raya, Desa Panaan, Desa Salikung dan Desa Sei Kumap.

Karena itu pendistribusian perlu dukungan dari jajaran Kodim 1008/Tabalong, Polres Tabalong  dari TNI dan  Linmas  yang dijadwalkan pada 7 Februari 2024.

Ardiansyah juga menekankan perlunya koordinasi para  pihak terkait lokasi penyimpanan logistik pemilu khususnya di desa atau kecamatan rawan banjir mengingat tingginya curah hujan saat ini.

"Dari hasil mitigasi yang dilakukan PPK beberapa kantor kecamatan  maupun desa berada di daerah rawan banjir jadi perlu lokasi alternatif yang perlu dikoordinasikan bersama," tambah Ardiansyah.

Sebelumnya KPU Kabupaten Tabalong menggelar rapat koordinasi untuk pengamanan pengelolaan dan distribusi logistik Pemilu tahun 2024 Kabupaten Tabalong.

Rapat koordinasi dihadiri jajaran Polsek, Polres. Koramil, Kodim 1008/Tabalong dan pihak penyelenggara Pemilu 2024.

Pendistribusian logistik di luar kawaaan terpencil dijadwalkan 9 sampai 11 Februari 2024 dan untuk  Kecamatan Tanjung serta  Murung Pudak logistik  disimpan di gudang KPU Tabalong karena distribusi lebih dekat dan  mudah.

 Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setda Tabalong  Syaiful Ikhwan menyampaikan pengamanan dalam tahap mengelola dan mendistribusikan logistik merupakan aspek krusial dalam menjamin kelancaran dan keberhasilan Pemilu 2024. 

"Aspek pengamanan harus kita perkuat dengan menjalin sinergi dan kolaborasi antara lembaga terkait kepolisian dan TNI," jelas Syaiful. 
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024