Perusahaan batubara PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) Jobsite Geo-Aje di Kabupaten Tanha Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menggencarkan program bersih pantai.

"Program ini kami kemas dalam bentuk kegiatan "Coastal Clean Up" atau bersih-bersih pantai, dan minggu ini kami melaksanakan di Pantai Angsana Kecamatan Angsana," kata Support Manager PT BUMA Jobsite Geo-Aje Hengky Ronald, di Batulicin Selasa.

Dia mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan sekaligus juga memperingati bulan K3 Nasional yang berlangsung sejak 12 Januari-12 Februari 2024.

Ini upaya perusahaan untuk menumbuhkan kesadaran kepada semua pihak terkait dengan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya di pesisir pantai agar bebas dari sampah yang sulit terurai oleh tanah.

Adapun kegiatan dibuka dengan senam pagi bersama dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan sedikit materi terkait enviro dari tim SHE BUMA untuk menumbuhkan kesadaran peserta terkait pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan.

Setelah selesai pemaparan materi peserta di bagi kelompok untuk melakukan pembersihan sampah di area pantai yang nantinya kelompok dengan jumlah sampah terberat akan mendapatkan hadiah dari panitia.

Selanjutnya kegiatan tersebut dilanjutkan dengan agenda penanaman 19 pohon produktif secara simbolis oleh para peserta.

Secara simbolis juga diserahkan dua buah gazebo yang dibangun di pantai Angsana dan tong sampah sebanyak 18 buah oleh management BUMA bapak Hengky Ronald kepada Kepala Desa Angsana selaku pemangku wilayah yaitu bapak Sayid Firdaus.

Kegiatan pada pagi hingga siang hari itu ditutup dengan makan siang bersama dilokasi oleh seluruh peserta kegiatan Coastal Clean Up.

Adapun jumlah total bantuan yang diserahkan dan untuk pelaksanaan agenda tersebut adalah sebesar Rp40 juta.

"Semoga dapat membawa manfaat bagi warga lingkar tambang kami serta ikut turut serta memajukan desa-desa yang menjadi lingkar tambang BUMA," ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan itu juga dihadiri oleh Mining ManagerTony Friyanto, Superintendent SHE BUMA Jobsite Geo-Aje Rudy Hariyanto.

Juga melibatkan Camat Angsana ibu Liana Hamita beserta jajaran, perwakilan Polsek Angsana bapak Budi selaku Kanit Binmas, perwakilan Koramil Angsana bapak Suwiko dan tim, Kepala Desa Angsana bapak Sayid Firdaus.

Kepala Desa Sumber Baru ibu Dwi Purnani, Kepala Desa Bayansari bapak Misransyah, Kepala Desa Mekar Jaya bapak Yono, Kepala Desa Makmur bapak Sudirman.

DLH Tanah Bumbu yang diwakili ibu Siti Fatimah dan SMA 1 Angsana beserta dengan 5 sekolah binaannya yang dimana kegiatan ini bisa menjadi nilai tambah bagi SMA 1 Angsana untuk meraih Adiwiyata Mandiri.
 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024