Ratusan jamaah Haul ke-19 Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul saat arus balik manfaatkan layanan kesehatan gratis yang dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Tenaga Medis Puskesmas Tapin Utara, Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin Mahyudin mengatakan banyak jamaah Haul Sekumpul diserang demam karena faktor kelelahan dan cuaca hujan.

"Selain demam, ada yang tegangan darah tinggitinggi hingga maag. Faktor utamanya karena kelelahan," ujarnya saat melayani para jamaah di Rantau, Senin siang.

Baca juga: Pemkab Tapin siapkan ribuan porsi makanan bagi jamaah Haul Sekumpul

Mahyudin mengatakan sejak buka pagi tadi di tempat singgah atau rest area di Kawasan Rantau Baru yang dibangun Pemerintah Kabupaten Tapin ini sudah ada ratusan jamaah yang melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Sejak pagi tadi hingga sekarang mungkin sudah lebih 200 orang yang memeriksa kesehatan, ada anak-anak, dewasa hingga lansia," ujarnya.

Disebutkan Mahyudin kebanyakan yang mengalami sakit adalah orang dengan rentang umur dewasa hingga lansia.

"Sebagai tindakan sementara, kita berikan obat ringan, agar para jamaah bisa melanjutkan perjalanan," ungkapnya.

Baca juga: Tapin siap layani jamaah haul Sekumpul dari arah Kaltim

Terpantau hingga kini, para jamaah dari wilayah Hulu Sungai (Kalimantan Selatan) , Kalimantan Timur hingga Kalimantan Tengah terus berdatangan mencicipi hidangan dan memanfaatkan layanan kesehatan gratis dari Pemerintah Kabupaten Tapin.

"Layanan kesehatan kita buka sampai besok," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin mengatakan jamuan ini diberikan agar para jamaah yang menuju arah pulang bisa mendapatkan istirahat dan asupan yang cukup setelah lelah menempuh perjalanan dari Kabupaten Banjar.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bisa memberikan kenyamanan untuk seluruh masyarakat yang pulang dari acara Haul Sekumpul di Martapura," ungkapnya.

Syarifuddin mengatakan terkait ribuan porsi makanan serta minum gratis yang diberikan akan disesuaikan dengan kebutuhan, artinya bila kurang akan terus ditambah.

"Semoga apa yang kita sajikan dapat membantu warga yang balik dari Sekumpul, kita harapkan berangkat selamat pulang pun selamat," ujarnya.

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024