Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan melalui Bumdes  Maju Jaya  masuk lima besar nasional dalam lomba Desa BRIlian  yang diselenggarakan  PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. 

Direktur Bumdes Maju Jaya Desa Padang Panjang, Sokhidin menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada BRI atas pemberian “Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023  yang dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta.

Baca juga: Kalsel kemarin, beasiswa sarjana desa hingga vaksinasi unggas

"Alhamdulillah Bumdes Maju Jaya bisa membawa Desa Panjang masuk lima besar nasional lomba desa BRIlian 2023," jelas Sokhidin di Tabalong, Jumat.

Desa Padang Panjang meraih juara harapan kedua dengan hadiah berupa uang sebesar Rp300 juta dan rencananya digunakan untuk pengembangan Taman Wisata Laburan yang dikelola Bumdes Maju Jaya.

Sokhidin menuturkan sebelumnya awal 2023 BRI Cabang Tanjung mengusulkan Desa Padang Panjang mengikuti penilaian lomba desa BRIlian dan kemudian didaftarkan ke BRI wilayah Kalsel.

Baca juga: Kejari Tabalong terima uang pengganti pidana korupsi pembangunan RS Kelua

Setelah terdaftar di BRI pusat dilakukan penilaian bekerja sama dengan  Universita Padjajaran  dan pengambilan data ke masyarakat oleh tenaga pendamping.

"Setelah survei lokasi oleh tim pusat Desa Padang Panjang bisa masuk 15 besar untuk mengikuti presentasi di Jakarta," tambahnya.

Selanjutnya Desa Padang Panjang pun ditetapkan masuk lima besar nasional atau juara harapan kedua dengan kriteria penilaian diantaranya    memiliki Bumdes aktif dan memiliki produk unggulan kawasan pedesaan.

Baca juga: DKP2TPH Tabalong tingkatkan alokasi anggaran perkuat ketahanan pangan

Adapun keunggulan Desa Padang Panjang adalah hadirnya objek wisata Taman Menanti Laburan yang dikelola Bumdes Maju Jaya.  

Pengembangan obyek wisata ini juga mendapat dukungan program CSR PT Adaro Indonesia  berupa sistem pengolahan air bersih atau mini Water Treatment Plant melalui Bumdes selaku pengelola Taman Wisata Menanti Laburan.

Termasuk  bantuan bibit ikan nila dari Adaro guna  meningkatkan perekonomian desa dan bantuan ini wujud program pengelolaan lahan basah di danau pasca tambang.

Program Desa BRIlian sendiri bentuk apresiasi BRI  bagi desa-desa yang dinilai aktif bergerak maju mendorong ekonomi kerakyatan yang fokus pada pengembangan empat aspek.

Masing-masing  Bumdes sebagai motor ekonomi desa, digitalisasi dalam implementasi produk dan aktivitas di desa, sustainability dan inovasi guna mendorong desa menjadi kreatif.

Pemberian Nugraha Karya Desa BRILiaN merupakan event tahunan yang diselenggarakan  BRI sebagai rangkaian program Desa BRILiaN yang bertujuan  meningkatkan kapabilitas pengelolaan desa untuk kemajuan desa dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada, salah satunya pemanfaatan teknologi digital dalam berbagai aspek.

Baca juga: Warga Tabalong tewas tersengat listrik saat bentangkan kabel internet

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024