Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan melakukan vaksinasi puluhan ribu ekor unggas untuk mencegah terserang penyakit tetelo (Newcastle Disease).

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Disbunnak Tabalong Suwandi menjelaskan sasaran pemberian vaksin tetelo para peternak tradisional yang masuk dalam sektor  industri peternakan unggas.

Baca juga: DKP2TPH Tabalong tingkatkan alokasi anggaran perkuat ketahanan pangan

“Sasaran kita kelompok masyarakat yang memelihara unggas namun tidak melakukan upaya pencegahan," jelas Suwandi di Tabalong, Kamis.

Dia mengatakan kelompok ini biasanya memelihara unggas tanpa dikandangkan dan tinggal di sembarang tempat.

Suwandi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat  untuk menangkap dan mengurung unggasnya di dalam kandang dan melakukan bio security pada kandang.

Baca juga: Warga Tabalong tewas tersengat listrik saat bentangkan kabel internet

Termasuk memberikan makanan yang sehat agar ternak unggas tidak mudah terserang penyakit terlebih tingginya curah hujan saat ini.  
 
Data Disbunnak setempat  terdapat sekitar 8 juta populasi unggas ayam dan itik di Kabupaten Tabalong dalam sektor 1, 2, dan 3 yang dikelola sejumlah perusahaan.

Suwandi menambahkan penyakit tetelo dapat menyebabkan unggas kehilangan nafsu makan, lesu hingga otot-otot gemetar dapat menyebabkan   kelumpuhan hingga menyebabkan kematian pada unggas.

Baca juga: Polres Tabalong ciduk dua tersangka narkoba plus 11,32 gram sabu

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024