Bupati Kotabaru Kalimantan Selatan Said Jafar mengatakan pasar rakyat merupakan penggerak perekonomian warga setempat.

Hal itu di ungkapkan oleh orang nomer satu di "Bumi Saijaan" seusai meresmikan pasar di Desa Tarjun dan Desa Mandala Kecamatan Kelumpang Hilir.

"Keberadaan pasar, khususnya pasar desa ini, merupakan salah satu indikator paling nyata kegiatan ekonomi masyarakat di suatu wilayah. Dengan hidupnya pasar desa ini, tentunya dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di desa tersebut, "kata Said Jafar di Kotabaru, dilaporkan Kamis.

Dalam sambutan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, menyampaikan, hadirnya Pasar Desa Tarjun Jaya dan Sumber Rezeki di Desa Mandala dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar pasar, khususnya pedagang pasar.

Pasar rakyat merupakan salah satu wadah yang berperan penting untuk memperlancar arus barang antar wilayah, khususnya barang kebutuhan pokok (bapok) masyarakat.

Di tengah maraknya pembangunan pasar modern, pasar rakyat tetap bertahan dengan memiliki keunggulan harga yang disepakati dari hasil tawar menawar pihak pembeli dan penjual.

Pemerintah Daerah Kotabaru,telah menyediakan sarana fisik yang dibangun untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan serta untuk merevitalisasi pasar rakyat agar mampu bersaing dengan toko toko moderen yang hadir di tengah masyarakat.

"Setelah pasar ini diresmikan dan beroperasi, kami berharap agar seluruh elemen pasar desa baik pengelola, pedagang dan pembeli dapat bersama-sama menjaga kebersihan, menjaga fasilitas dan keamanan serta memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan, bukan tidak mungkin masyarakat akan lebih memilih berbelanja di pasar tradisional dibanding di pasar modern, " harap Sayeg Jafar.

Kepala Desa Mandala Jumari menjelaskan, kurang lebih delapan tahun warga desa mereka menginginkan pasar ini yang mana selama ini berjualan di bahu jalan.

"Kami warga Mandala sangat gembira dengan adanya peresmian pasar tersebut, karena selama ini mereka berjualan di bahu jalan," kata Jumari.

Ia menambahkan, pembangunan pasar dimulai pada tahun 2015 dengan menggunakan anggaran APBD yang di lengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Jumari berharap, peresmian pasar ini mampu menopang perekonomian masyarakat setempat dan berharap mampu menumbuhkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di desa Mandala sehingga masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup mereka menjadi lebih baik.

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024