Bandung,  (Antaranews Kalsel) - Petinju putri dari tim Provinsi Kalimantan Selatan Silpa Lau Ratu melaju ke final Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat.

Silpa akan memperebutkan medali emas kelas 57 Kg dengan lawan tanding petinju dari Provinsi Papua Barat, Krisna Jombai di GSG Tinju Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Selasa (27/9).

Menurut pelatih cabang olahraga tinju Kalsel Slamet Riyadi, Senin, anak asuhnya itu berhasil melalui semi final setelah mengalahkan petinju dari Provinsi Maluku.

"Jadi medali perak sudah di tangan Silpa, tinggal semangat untuk mengalahkan petinju tangguh dari Papua Barat itu," ujarnya.

Dia menyatakan, kondisi Silpa saat ini cukup baik, dan dipastikan siap bertanding habis-habisan untuk menyumbangkan medali emas bagi daerah.

"Karena harapan cabang olahraga tinju daerah kita untuk mendapatkan medali tinggal satu ini saja lagi," bebernya.

Slamet mengungkapkan, ada sebanyak enam atlet tinju diturunkan Kalsel pada PON XIX di Jawa Barat ini, lima orang di antaranya sudah gugur pada babak penyisihan.

"Kita sangat berharap Silpa bisa membawa pulang kebanggaan bagi cabang tinju dengan meraih medali emas," tuturnya.

Sejauh ini, Kalsel masih mengandalkan cabang olahraga gulat sebagai tambang medali. Pada pertandingan kemarin (25/9) tiga medali perunggu kembali didapatkan.

Dengan demikian, total perolehan medali yang diraih kontingen Kalsel menjadi 23 medali, terdiri tujuh emas, enam perak dan sembilan perunggu.

Sebagaimana diketahui, Kalsel pada PON XIX di Jawa Barat ini menurunkan sebanyak 226 atlet mengikuti 36 cabang olahraga, dengan target sebelumnya 18 medali emas.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016