PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah melalui program "Exercise Disaster Response" yang dijalankan Yayasan Baitul Maal (YBM) menyasar Desa Kala'an di kawasan Waduk Riam Kanan wilayah Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.
 
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin didampingi Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum Sigit Fanani dan Ketua YBM PLN UID Kalselteng Mochammad Ariyanto turut hadir berkunjung ke Kala'n meski harus melewati perjalanan yang cukup panjang, Selasa (19/12).
 
"Hari ini adalah hari yang istimewa bagi kami, selain perjalanannya yang luar biasa, kami juga merasa bahagia bisa memberikan manfaat kepada masyarakat," ujar Joharifin dalam keterangan tertulis diterima di Kota Banjarbaru, Jumat.
 
Diketahui, penyerahan bantuan bagi warga desa yang luasnya mencapai 93,64 kilometer itu harus ditempuh melalui jalur darat kurang lebih 30 kilometer dari Kota Banjarbaru yang dilanjutkan mengarungi Danau Riam Kanan dengan waktu sekitar 45 menit menggunakan speed boat atau sekitar 1,5 jam naik kelotok.
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin (depan) yang didampingi Senior Manager KKU PLN UID Kalselteng Sigit Fanani (kiri) dan Ketua YBM PLN UID Kalselteng Moch Ariyanto (belakang) dan Tim YBM menggunakan speedboat untuk menuju lokasi penyerahan bantuan di Desa Kala'an Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

 
Menurut Joharifin, penyerahan bantuan merupakan sebuah bentuk komitmen atas kepedulian PLN terhadap peningkatan kesejahteraan dan perkembangan masyarakat yang tempat tinggalnya relatif sulit untuk dijangkau sarana transportasi.
 
"Alhamdulillah, PLN bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Aranio, Srikandi PLN dan juga para relawan dari Universitas Lambung Mangkurat bisa membagikan paket sembako, pemeriksaan kesehatan gratis serta memberikan edukasi kepada anak-anak bagaimana cara menghadapi keadaan darurat bencana," ucap Joharifin.
 
Joharifin juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat yakni pegawai yang telah memberikan Zakat, Infaq dan Sadaqah dengan tulus sehingga seluruh jajaran perangkat desa dapat berjalan dengan lancar.
 
"Terima kasih atas seluruh kerja sama dan usaha semua pihak, saya berharap kegiatan kepedulian seperti ini bisa memberikan manfaat luas bagi masyarakat serta membawa dampak positif yang lebih besar lagi," ucap Joharifin.
 
Ketua YBM PLN UID Kalselteng Ariyanto mengapresiasi kehadiran GM PLN UID Kalselteng di Desa Kala'an dan mendoakan apa yang dilakukan selain memberi manfaat juga membawa keberkahan bagi pemberinya dan seluruh masyarakat.
 
Dikatakan, PLN melalui YBM pada kegiatan itu menyerahkan 200 paket sembako dan gelar pemeriksaan kesehatan gratis kepada 200 orang serta layanan psikososial untuk 120 anak yang berasal dari Desa Kala'an serta 4 desa lain disekitarnya yakni Desa Belangian, Desa Pa'au, Desa Benua Riam, dan Desa Artain.
 
"Semoga bantuan yang diserahkan bisa membantu meringankan beban masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan melalui layanan psikososial, memberikan edukasi kepada anak-anak agar bisa lebih siap apabila menghadapi darurat bencana," kata Ariyanto.
 
Kepala Desa Kala'an Sarni (45) turut mengapreasiasi pemberian bantuan yang dilakukan PLN bekerja sama dengan YBM sehingga membantu warga desa memenuhi kebutuhan bahan pokok untuk kehidupannya sehari-hari.
 
"Terima kasih sebesar-besarnya kepada YBM PLN atas perhatian terhadap desa-desa kami. Semoga bantuan dan pelatihan yang telah diberikan mampu memberikan manfaat bagi warga, dan mampu meringankan sebagian warga kami yang sangat membutuhkan bantuan," ujar Sarni.
 
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023