Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) mendapatkan tambahan sebanyak 411 personel Bintara remaja untuk Pemilu 2024 yang dilantik hari ini di Sekolah Polisi Negara (SPN) Banjarbaru setelah menyelesaikan Pendidikan dan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang II tahun 2023.

"Alhamdulilah hari ini kita resmi menambah personel Bintara remaja yang tentunya sangat mendukung tugas Polri di Kalsel termasuk pengamanan pesta demokrasi," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto di Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Kapolda Kalsel Winarto gelorakan persatuan untuk keamanan pemilu

Menurut Kapolda, tugas kedepan tidaklah mudah karena agenda nasional berupa pemilu dan pilkada dilaksanakan serentak dalam satu tahun.

Oleh karena itu, diperlukan kekuatan personel Polri yang bisa melakukan pengamanan sesuai kebutuhan.

Dia mengakui, jumlah personel di Polda Kalsel masih kurang alias belum berada pada level ideal.

Baca juga: Polres Tanah Laut gelar pisah sambut Kapolres

Meski begitu, Winarto yakin kekurangan dari sisi kuantitas bisa ditutupi dengan kualitas kemampuan setiap personel melalui serangkaian pendidikan dan pelatihan untuk menunjang pelaksanaan tugas.

"Kami mengharapkan anggota Bintara remaja hari ini  bisa melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas, sehingga pelaksanaan tugas Kepolisian bisa terlaksana dengan baik," ucapnya didampingi Kepala SPN Polda Kalsel Kombes Pol Restika Pardamean Nainggola.
Para Bintara remaja menunjukkan atraksi ketangkasan saat pelantikan. (ANTARA/Firman)


Dalam acara pelantikan ditampilkan beragam atraksi ketangkasan dari para Bintara remaja sebagai bentuk hasil dari kemampuan personel selama menjalani pendidikan untuk pembentukan seorang anggota Polri.

Kemudian diketahui pula salah satu Polwan angkatan Diktukba Polri Gelombang II tahun 2023 asal kiriman Polda Kalsel dari Kabupaten Kotabaru bernama Yunia Angelina Sadad berhasil meraih predikat terbaik Adhi Trengginas (Bidang Kesjas) pada Pendidikan di Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) di Jakarta Selatan.

Baca juga: Irjen Pol. Winarto resmi jabat Kapolda Kalsel  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023