Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana yang berpotensi muncul seiring memasuki musim hujan agar terhindar dari dampak buruk fenomena alam itu.
 
Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin di Banjarbaru, Selasa mengatakan pihaknya sudah mulai meningkatkan kewaspadaan salah satunya menyiapkan personel yang siap siaga menjalankan tugas.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru minta ASN perkuat kompetensi digital
 
"Kami sudah memimpin apel siaga bencana yang diikuti seluruh unsur petugas dan relawan kebencanaan sebagai persiapan menghadapi segala bencana," ujar Aditya.
 
Menurut Aditya, kesiapan personel dilakukan dengan menyediakan posko induk sebagai pengendali dan  posko di tempat strategis sehingga petugas bisa bergerak cepat dan tepat.
 
Selain kesiapan personel, sejumlah peralatan pendukung juga disiapkan agar bisa digunakan dengan cepat untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya bencana karena fenomena alam seiring perubahan musim.
 
"Semua bencana diwaspadai, baik banjir karena curah hujan yang tinggi, puting beliung, tanah longsor dan bencana alam lain yang berpotensi terjadi setiap saat sehingga harus diwaspadai," ucapnya.

Baca juga: ASN Pemkot Banjarbaru berikrar netral pada Pemilu 2024
 
Dikatakan Aditya, pihaknya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah memetakan daerah rawan bencana yang tersebar pada tiga kecamatan sehingga siaga dan waspada lebih ditingkatkan.
 
"Tiga kecamatan rawan bencana seperti banjir yakni Kecamatan Cempaka, Banjarbaru Utara dan Kecamatan Landasan Ulin sehingga kewaspadaan ditingkatkan terutama saat hujan deras," ungkapnya.
 
Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Banjarbaru Zaini Syahrani menyiagakan personel yang merupakan pegawai BPBD dan pegawai instansi lain serta para sukarelawan.
 
"Semua personel disiagakan dan siap diterjunkan mengantisipasi maupun menghadapi bencana, juga peralatan disiapkan agar bisa selalu digunakan setiap saat sebelum dan sesudah bencana," katanya.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru raih penghargaan SPIP level 3 dari BPKP
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023