Tim berkuda Kalsel sukses melaju kebabak final setelah melewati fase penyisihan saat bertanding, Kamis (15/9) di Pussenkab Parompong Lembang,Bandung Barat. Dengan begitu tinggal selangkah lagi Tim berkuda Kalsel mewujudkan target medal, tujuh kuda berhasil masuk babak final Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 yang akan dilangsungkan 27 September 2016 di Pussenkab Parongpong Lembang, Jawa Barat (Jabar). Ada tujuh kuda yang akan bertanding di babak final. Diantaranya kuda andalan Kalsel bernama Belang Klater yang turun kelas E jarak 1200 meter.

Tak hanya di kelas E, dua lainnya yang turut ke final yakni kelas D jarak 1.400 meter dan kelas C jarak 1600 meter.

"Dari 12 kuda yang kita turunkan, ada tujuh yang masuk final dan semuanya merupakan kuda andalan untuk meraih medali, " ungkap Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kalsel, Bambang Heri Purnama kepada wartawan, kemarin.

Bambang yang juga Ketua KONI Kalsel mengakui dengan hasil tersebut pihaknya optimistis mampu memenuhi target dua medali emas bahkan bisa melampaui target tersebut karena masih ada beberapa kelas yang diikuti belum dipertandingkan.

“Kita sengaja menurunkan banyak kuda agar bisa meraih medali emas sebanyak-banyaknya. Selain itu, kita ingin mengikuti seluruh kelas yang dipertandingkan,” katanya.

Dari semua kelas yang dipertandingkan, setidaknya ada tiga kelas pertandingan yang menjadi andalan Pordasi Kalsel yakni kelas E, kelas C dan Kelas A sprint.

“Tiga kelas yang paling kita andalkan yakni kelas E, kelas C dan Kelas A sprint. Untuk kelas E sudah masuk final, tinggal  kelas C ada kuda B Polis dan untuk kelas A, semoga kita mendapat medali emas,” sebutnya.

Pewarta: Abdul Hakim Muhiddin

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016