Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mengoptimalkan peran para Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) guna meningkatkan sektor pariwisata.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung para Pokdarwis dalam menyukseskan target ini, Pokdarwis nantinya juga harus berkolaborasi bersama desa dalam memajukan pariwisata,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Balangan Tuhalus di Paringin, Kabupaten Balangan, Kamis.

Baca juga: Disporapar Balangan benahi sejumlah tempat wisata

Tuhalus menuturkan Pemkab Balangan mengadakan sejumlah pelatihan bagi Pokdarwis untuk meningkatkan perekonomian pada sektor pariwisata.

Menurut Tuhalus, pelatihan juga bisa memetakan hal yang harus dikerjakan pada objek wisata karena memiliki daya tarik bagi para pengunjung yang datang ke tempat wisata.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Disporapar Balangan Bambang Mulyadi mengungkapkan tujuan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kesadaran para Pokdarwis mengelola destinasi pariwisata.

Baca juga: Bupati selalu mendukung Desa Liyu kembangkan potensi pariwisata

Pada kesempatan tersebut, Bambang juga mendorong kepada seluruh Pokdarwis agar dapat berperan aktif serta membentuk komitmen untuk menjaga dan mengembangkan destinasi wisata di Kabupaten Balangan.

Selain itu, ujar Bambang, para Pokdarwis juga dilatih cara menyusun program wisata sesuai dinamika serta ciri khas alam untuk meningkatkan arus kunjungan wisata.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 11 Pokdarwis di Kabupaten Balangan yang dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Balangan Tuhalus, Plt Kepala Disporapar Balangan Bambang Mulyadi, Kepala Desa Balida serta masyarakat setempat.

Baca juga: Ekspose masterplan tata Kota Paringin dan siteplan pariwisata desa telah ditentukan
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023