Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Pemkab HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel) meningkatkan pencegahan kebakaran permukiman warga dengan mengukuhkan pengurus Persatuan Relawan Pemadam (Predam) Kebakaran se-Kabupaten HSU periode 2021-2026.

“Para relawan ini sudah banyak memberikan dedikasinya menanggulangi kebakaran permukiman tanpa mengharapkan balas jasa, kita harus memberikan penghargaan,” kata Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Hulu Sungai Utara Najeriansyah di Hulu Sungai Utara, Kalsel, Senin.

Baca juga: Pj Bupati serahkan bantuan korban kebakaran Datu Kuning

Ia menyebutkan setelah mengukuhkan pengurus relawan pemadam kebakaran, ke depan pemerintah setempat siap memberikan dukungan melalui sumber daya untuk menanggulangi kebakaran khususnya permukiman penduduk.

“Saya minta para relawan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan kebakaran. Kemudian saat memadamkan kebakaran, juga harus mengutamakan keselamatan warga,” ucapnya.

Najeriansyah memberikan apresiasi tinggi kepada para relawan yang terus berjuang dengan gigih menanggulangi musibah kebakaran dan menyelamatkan banyak jiwa.

Menurut dia, pengabdian para relawan dalam menanggulangi musibah kebakaran merupakan harapan penting bagi masyarakat saat kondisi darurat kebakaran rumah.

Baca juga: Dua desa dilanda kebakaran

Ia menjelaskan menjadi seorang relawan pemadam kebakaran sangatlah tidak mudah, karena memiliki tanggung jawab yang besar untuk menyelamatkan banyak jiwa.

Oleh karena itu, pihaknya siap berkoordinasi dengan para relawan untuk meminimalisir bencana kebakaran khususnya di pemukiman warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Ketua Predam Kebakaran Kabupaten Hulu Sungai Utara Hanif Nor Fauzi mengatakan pihaknya segera berkoordinasi dengan para relawan di kecamatan dan desa untuk menyusun program-program yang berkaitan dengan pencegahan kebakaran rumah seperti kegiatan sosialisasi, edukasi, dan yang lainnya.

“Kami siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana kebakaran pemukiman warga,” ujar Hanif.

Baca juga: Bantuan mengalir ke Tampakang

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023