Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan monitoring penerimaan hibah APBD  provinsi Tahun Anggaran 2023 di Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Sekretaris Komisi IV Firman Yusi, Sabtu menerangkan, pada kesempatan kunjungan untuk memonitor dana hibah APBD Kalsel 2923 kali ini ke Desa Tatah Masjid Kecamatan Alalak Batola.

Pemanfaatan dana hibah tersebut untuk pembangunan langgar atau surau Darul Ihsan Desa Tatah Masjid (sekitar 30 km barat Banjarmasin).

"Selain sebagai tempat beribadah, langgar itu  juga memiliki fungsi sosial antara lain sebagai pusat kegiatan masyarakat," ungkap Firman Yusi.

Anggota Komisi IV Asbullah AS menyatakan sangat bersyukur pengelolaan dana hibah senilai Rp100 juta untuk langgar Darul Ihsan berjalan sebagaimana mestinya.

“Alhamdulillah berjalan lancar, jika dilihat progres pembangunannya sekarang, mungkin satu hingga dua bulan ke depan langgar ini sudah bisa digunakan masyarakat Desa Tatah Masjid,” ujarnya.

Asbullah juga mengajak masyarakat sekitar untuk bersama-sama mengawasi realisasi dana hibah di masing-masing daerah agar penyalurannya benar-benar bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.
Rombongan Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan saat monitoring dana hibah provinsi Tahun Anggaran 2023 ke Desa Tatah Masjid (sekitar 30 km barat Banjarmasin) Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala, 17 November 2023. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)
 

Sementara Kepala Desa (Kades) Tatah Masjid H Meri Apriansyah mengatakan, keberadaan langgar yang sudah berdiri sejak 1950 cukup penting bagi masyarakat desanya.

Oleh sebab itu, dia bersama warga amat bersyukur ketika proposal perbaikan langgar Darul Ihsan yang mereka ajukan 2022 bisa terealisasi di akhir tahun ini (2023).

“Kami mengucapkan ribuan terima kasih atas partisipasi dari pihak provinsi untuk membangun langgar ini yang merupakan perombakan total baru, bukan renovasi. Karena langgar ini kemarin sudah sangat tidak layak dipergunakan. Air pasang, tenggelam, air hujan, bocor,” ujarnya.

Sebagaimana terjadwal kunjungan kerja (Kunker) DPRD Kalsel dalam daerah provinsi setempat, 17-18 November 2023.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023