Ketua Pelaksana Musyabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan Muhammad Yusuf mengatakan, keluar sebagai juara umum pada gelaran MTQ Tahun 2023 Kecamatan Alalak.

"Delapan  cabang dilombakan diikuti keseluruhan peserta berjumlah 437 orang terdiri dari 210 laki-laki dan 227 perempuan," ujar Muhammad Yusuf dalam siaran pers disampaikan, Rabu.

Menurut dia, keputusan dewan hakim dan dewan juri merupakan hasil keputusan terbaik yang telah diserahkan ke LPTQ Batola.

Pada kesempatan itu, Muhammad Yusuf menyampaikan terima kasihnya pada gelaran MTQ di Anjir Pasar yang telah berjalan lancar. 

“Berkat dukungan dari Penjabat Bupati Batola dan Sekda selaku Ketua Umum LPTQ Batola, sehingga kegiatan berlangsung dengan lancar hingga pada penutupan MTQ, “ucapnya dalam siaran pers disampaikan, Selasa.

Sekretaris Rapat Daerah Sammani membacakan rekomendasi kepada Penjabat Bupati Batola Mujiyat atas hasil rapat daerah LPTQ Batola pada pelaksanaan MTQ 2023. 

Rekomendasi kepada Penjabat Bupati Batola tersebut, ucap dia,  tentang pembinaan pendidikan Al-Qur'an untuk mencapai Batola bebas buta huruf Al- Qur'an. 

Penjabat Bupati Batola Mujiyat menyambut baik rekomendasi tersebut dan meyampaikan langsung untuk meningkatkan kecintaan pada Al-Qur'an perlu digalakan perlombaan yang bersifat syiar Islam, tidak terkecuali MTQ Tingkat kabupaten berlangsung setiap tahunnya.

“Perlombaan yang telah disaksikan dimaksudkan  untuk mengajak memperdalam ilmu-ilmu Al-Qur'an, sehingga  semuanya yang diperlombakan untuk mencari kader dan bibit unggul  yang Qur'Ani, “pungkas Mujiyat.

Mujiyat juga turut sampaikan harapannya agar ada tempat menitipkan anak-anak untuk memperdalam ilmu Al-Qur'an di daerah maupun melalui pendidikan di luar Batola, sehingga apabila kembali ke tempat asal menjadi bibit  Alim Qur' Ani .

“Kita belajar bersama,  syiar Islam merupakan kewajiban bersama untuk bisa berkembang dan mempunyai daya tarik untuk syiar itu sendiri. Sehingga adanya syiar Islam setiap tahun berkelanjutan ada kebanggaan membesarkan agama kita, “ungkapnya.  

Tidak lupa menjelang musim politik Mujiyat berpesan,  kepada masyarakat untuk  tidak mudah terprovokasi  dan  menjaga stabilitas Pemilu Pileg sampai Pilkada sehingga Batola melaksanakannya secara aman dan kondusif. 

Diakhiri dengan sholawat dan meriahnya kembang api di halaman kantor kecamatan Anjir Pasar Mujiyat resmi menutup MTQ Tahun 2023.

Gelaran Meriah penutupan MTQ ke-54 turut diwarnai berbagai doorprize hadiah yang merupakan sumbangan berbagai SKPD dan masyarakat. 

Dibagikan pula 15 paket umrah yang langsung diundi oleh Penjabat Bupati Batola  bersama Sekdakab dan Forkopimda, Dewan Juri dan Hakim di atas panggung untuk pemenang Juara MTQ.

Tidak tertinggal masyarakat pengunjung telah mengumpulkan identitas diri turut mendapatkan undian hadiah langsung pada malam penutupan.

Acara penutupan MTQ Ke-54 Tingkat Kabupaten Batola 2023 berlangsung selama empat hari di Kecamatan Anjir Pasar resmi ditutup Penjabat  Bupati Batola Mujiyat, Senin (13/11). 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023