Puluhan warga Desa Galagah, Kecamatan Sungai Tabukan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti pelatihan bordir “Sulam Bolang” untuk meningkatkan perekonomian yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) HSU dan Dispersip Kalimantan Selatan.

“Kami mengangkat kerajinan sulam bolang ini dimana potensi pasarnya luar biasa, di samping kerajinan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Galagah,” kata Kepala Dispersip HSU Karyanadi di HSU, Rabu.

Baca juga: Ratusan peserta ikuti kejuaraan balap sepeda di HSU

Menurut Karyanadi, dipilihnya tema dan tempat kegiatan tersebut dikarenakan potensi dari pasar produk tersebut sangat besar, ditambah masyarakat di desa ini juga cukup kreatif dalam mengembangkan produk, terutama produk sulam ini.

Karyanadi mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan Provinsi Kalimantan Selatan yang telah mengarahkan kegiatan Perpustakaan berbasis inklusi ini ke Kabupaten HSU, dalam hal ini di Desa Galagah.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Kalimantan Selatan Wildan Akhyar, mengungkapkan tentang peran penting perpustakaan yang berbasis inklusi ini bagi kesejahteraan masyarakat.

“Perpustakaan sekarang bukan hanya untuk mencerdaskan tapi juga untuk kesejahteraan, ini yang terus kita galakkan,” ungkap Wildan.

Baca juga: Pemkab HSU dapat dana alokasi transfer Rp1,33 Triliun TA 2024

Wildan menambahkan, dia berharap dengan kegiatan perpustakaan berbasis inklusi sosial ini kesejahteraan masyarakat makin meningkat dan perekonomian masyarakatnya menjadi lebih baik.

Sebagaimana diketahui saat ini pemerintah melalui Perpustakaan Nasional menggalakkan program perpustakaan berbasis inklusi sosial, dimana saat ini perpustakaan bukan lagi hanya menjadi tempat baca dan belajar.

Namun perpustakaan juga diharapkan bisa memberikan manfaat dengan memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan berusaha sehingga perpustakaan mampu memberikan peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Pemkab HSU siap berikan pelayanan maksimal melalui MPP

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023