Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 250 pecatur telah mengikuti Internasional rating turnamen dan kejuaraan catur pelajar tingkat SD, SMP dan SMA sederajat Rektor Cup 1 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Turnamen ini berlangsung sejak 20 Agustus 2016, dan ditutup pada 27 Agustus 2016 di gedung serba guna ULM di kampus Kayu Tangi Banjarmasin, sekaligus pembagian hadiah bagi pemenang.

Pecatur cilik Muhammad Kasful Anwar (10) yang menjuarai turnamen catur tingkat SD mengaku bangga bisa meraih prestasi itu, dan bercita-cita ingin menjadi master catur nasional.

"Saya akan berlatih terus agar bisa menjadi pecatur hebat," ujar siswa kelas 5 SDN 1 Kuripan Banjarmasin ini.

Dalam turnamen ini, pecatur cilik yang mendapat skpr tertinggi 4,5 atau empat kali menang dan sekali remis ini, mengaku dilatih sang guru sekitar tiga minggu sebelum bertanding.

Hal senada juga diungkapkan pecatur cilik lainnya Maulidi (9) dari SD Sabilal Muhtadin, sebagai peraih peringkat 6 turnamen catur piala Rektor ULM ini, dengan melawan para master catur.

Karena berhasil memberikan permainan bagus melawan para senior catur, sang ayah H Abidin menyatakan kegembiraannya, dan akan mendukung bakat anaknya ini untuk bisa terus berprestasi hingga ketingkat internasional.

"Dia memang berbakat main catur, bahkan sering melawan yang sangat tua darinya, moga cita-citanya menjadi master tercapai nantinya," ujar tokoh masyarakat yang menjadi Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel itu.

Pewarta: sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016