Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 13 orang narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Maburai Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengikuti kegiatan penanaman perdana padi di Desa Jirak Kecamatan Pugaan.

Kepala Lapas Maburai Teguh Suroso di Tanjung, Jumat mengatakan keterlibatan 13 narapidana merupakan bagian dari program pembinaan dan reintegrasi ke masyarakat.

"Para narapidana yang mengikuti kegiatan tanam perdana padi ini rata-rata sisa masa tahanannya kurang dari satu bulan karena itu perlu dilakukan pembinaan agar bisa mandiri di masyarakat nantinya," jelas Teguh.

Penanaman perdana padi di Desa Jirak Kecamatan Pugaan yang dilaksanakan jajaran Korem 101/Antasari bersama Kodim 1008/Tanjung sendiri merupakan bagian program cetak sawah di wilayah ini.

Para narapidana ini berbaur bersama masyarakat setempat, anggota TNI dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Tabalong turut melakukan tanam perdana di lokasi cetak sawah baru.

Teguh menambahkan dengan berbaurnya para napi dan masyarakat ini setidaknya jadi bekal jika nantinya ke luar dari lapas sehingga bisa bersosialisasi dengan baik.

Dalam kegiatan tanam perdana padi ini dihadiri Danrem 101/Antasari Kolonel Kav Januar Adil, Dandim 101/Tanjung Letkol Arm Anang Krisna Indra Kumara dan Sekretaris Daerah Abdul Muthalib Sangadji.

Hadir pula Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Fathurrahman dan Ketua DPRD Kabupatan Tabalong Darwin Awi.


Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016