Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan mendukung "crash program" campak terintegrasi sehingga seluruh masyarakat khususnya anak-anak terhindar penyakit campak dan penyakit lainnya.

"Kami sangat mendukung `crash program` campak terintegrasi karena bisa mencegah penyakit campak secara terpadu," ujar Wakil Ketua TP PKK Banjar Nur Gita Tyas di Martapura, Kamis.

Pernyataan istri Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur itu disampaikan disela kunjungan Tim Penggerak PKK Kalsel dipimpin Wakil Ketua II Agustina Arsyadi di Puskesmas Gambut, Kabupaten Banjar.

Ia mengatakan, "crash program" campak terintegrasi bulan vitamin A dan program obat cacing sangat bagus untuk mencegah serangan penyakit terutama pada anak-anak.


Dijelaskan, tujuan imunisasi hanya dapat terwujud jika cakupan imunisasi tinggi dan merata sehingga dibutuhkan dukungan dan peran berbagai pihak termasuk masyarakat.

"Harapan kami, kader PKK dan bidan semangat menyosialisasikan imunisasi baik campak, vitamin A dan obat cacing sehingga terhindar dari penyakit anti obat-obatan itu," ucapnya.

Sementara itu, kunjungan TP PKK Kalsel untuk monitoring pelaksanaan "crash program" campak terintegrasi bulan vitamin A dan program obat cacing dihadiri anggota PKK dan masyarakat.

"Kami mengapresiasi keberhasilan Pemkab Banjar melalui Dinas Kesehatan melaksanakan "crash" program campak yang dilaksanakan bersama TP PKK Banjar," ucap Agustina.

Dijelaskan, pihaknya menerima surat edaran dari TP PKK Pusat untuk terlibat langsung dalam pemberian imunisasi campak, vitamin A dan obat cacing kepada masyarakat.

"Makanya, kami turun ke daerah melakukan monitoring untuk memantau pelaksanaan, sekaligus evaluasi dan di Kabupaten Banjar, "crash" program sudah berjalan baik," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016