Pelaksana Tugas Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten  Barito Kuala (BNNK Batola), Kalimantan Selatan H Khairil Yamin mengatakan,  penetapan Desa Bersinar Tahun 2024 nanti berlokus di Desa Sungai Lirih dan Desa Batik, Kecamatan Bakumpai.

"Sebelumnya Tahun 2023 ditetapkan di Desa Tabukan Raya dan Pantang Raya," ujar Khairil Yamin saat dikonfirmasi di Marabahan, Kabupaten Batola, Jumat. 

Menurut dia, Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba) dimaksud merupakan desa dengan kriteria pelaksanaan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dilaksanakan secara massif.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Batola Mochamad  Aziz mengungkapkan, dukungan APBDesa dalam P4GN  boleh masuk pada anggaran dana desa seperti,  penyuluhan, kegiatan olahraga, pelatihan relawan dan penyebaran informasi melalui spanduk maupun brosur.

 "Ada beberapa kegiatan sesuai kewenangan desa dapat dilaksanakan oleh kepala desa demi kita bersama-sama bergerak mencegah narkoba di wilayah kita," terangnya. 

Untuk itu, dia meminta,  membuat kegiatan positif agar masyarakat terhindar dari potensi penyebaran narkoba.

"Kita upayakan mencegah generasi dari generasi narkoba" ucap Kepala Dinas PMD Batola.

Pasi Intel Kodim 1005 Marabahan Kapt Inf M Sukardi mengatakan, TNI/Babinsa sangat dukungan  perang melawan narkoba di Desa Bersinar. 

“Marilah kita bersama sama perangi narkoba, kami mendukung program-program Desa Bersinar," tegasnya.

Ketua Tim P2M Rina Wartini  menyebutkan,  hasil koordinasi akan dilanjutkan ke asistensi bersama pimpinan daerah  Pj Bupati Batola dan Sekdakab Batola.

Karena Desa Bersinar, ungkap dia, adalah komitmen bersama dari berbagai pihak, mulai dari TNI Polri, ASN, BNN dan relawan desa. 

Rina menegaskan,  keberhasilan P4GN di Desa Bersinar adalah hasil sinergitas kolaborasi semua. 

“Kita bersama sama perangi narkoba juga permasalahan kesehatan di masyarakat," tandasnya. 

Lebih lanjut dia mengemukakan, Rapat Koordinasi Pengembangan dan Pembinaan Kota/Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) tersebut adalah untuk membangun komitmen bersama, membangun kesinambungan baik itu pendanaan, rencana aksi termasuk rehabilitasi dan sosialisasi. 

"Kita bersama merubah desa rawan narkoba menjadi Desa Bersinar hingga menuju Batola Bersinar, “pungkas Rina. 

Rapat koodinasi tersebut diikuti DP2KBP3A Batola, DPMD Batola, Dinas Pendidikan Batola, Dinas Sosial Batola, Dinas Kominfo Batola, Badan Kesbangpol Batola, TP-PKK Batola, Danramil Bakumpai, Kapolsek Bakumpai, Camat Bakumpai, Desa Batik, Desa Sungai Lirik, Desa Tabukan Raya dan Desa Pantang Raya.
 
BNNK Batola menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan dan Pembinaan Kota/Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN), Kamis (19/10/2023).(ANTARA/HO-Diskominfo Batola).

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023