Ketua Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan (Kalsel) Athaillah Hasbi atau yang akrab dengan sapaan Bang Atak menyatakan organisasinya bukan kumpulan para preman.

Bang Atak menyatakan itu sesudah dirinya terpilih untuk ketiga kali atau periode 2023 -2027 sebagai Ketua Pemuda Pancasila "Bumi Murakata" HST di Barabai (165 km utara Banjarmasin) ibukota kabupaten tersebut, Kamis.

Baca juga: UPZ Bank Kalsel serahkan bantuan terdampak kebakaran di Kampung Melayu"

Persepsi Pemuda Pancasila kumpulan preman harus diubah menjadi generasi penerus cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia," ujar Bang Atak yang terpilih kembali pada Musyawarah Cabang (Muscab) VII Pemuda Pancasila HST, 18 Oktober 2023.

Bang Atak yang juga anggota Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel keberatan terhadap persepsi Pemuda Pancasila kumpulan preman, karena program dan kegiatannya banyak bersifat sosial kemasyarakatan.

"Khusus Pemuda Pancasila Bumi Murakata HST ke depan ke tingkat yang lebih tinggi serta menekankan pentingnya kegiatan sosial, berbangsa dan bernegara berdasarkan pada pemahaman Pancasila," tegas Bang Atak.

Baca juga: Seluruh wilayah Kalsel diprakirakan diguyur hujan ringan Kamis siang

Sementara Wakil Sekretaris Pusat/Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila A. Ridwan berharap Pemuda Pancasila HST lebih maju lagi dalam empat tahun ke depan.

Ia menekankan pentingnya peran organisasi berbasis massa dalam memberikan manfaat kepada masyarakat terutama bagi Bumi Murakata HST serta seluruh kabupaten di sekitarnya.

Ridwan juga menyoroti upaya transformasi dalam organisasi, dimana kader-kader Pemuda Pancasila akan menjadi kader bangsa yang berperan dalam membangun wilayah kabupaten.

"Oleh karenanya sesudah Muscab ini akan diumumkan rencana pendidikan dan pelatihan (Diklat) kaderisasi dan menyiapkan rencana kerja cabang (Rakercab). Seluruh pengurus dari hasil Muscab diharapkan berpartisipasi dalam Diklat tersebut yang mencakup orientasi dan pelatihan mendalam," demikian A Ridwan.

Muscab VII Pemuda Pancasila HST berlangsung di "Kota Apam" Barabai dan dihadiri Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Kalsel  tersebut penuh dengan kekeluargaan mengedepankan musyawarah mukat.

Baca juga: Kaum Muslim diingatkan jangan buat kesalahan sekecil apapun

Suasana Muscab VII Pemuda Pancasila Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan (Kalsel) di Barabai (165 km utara Banjarmasin) ibukota kabupaten tersebut, 18 Oktober 2023. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023