Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, merilis atau ringkasan prakiraan cuaca di seluruh kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan.

Kepala Sub Bidang Kedaruratan Bencana pada BPBD Tanah Bumbu Mukhtar Halim, di Batulicin Rabu mengatakan, kondisi cuaca di Kalimantan Selatan dalam satu minggu ke depan secara umum cerah hingga cerah berawan.

"Berdasarkan data yang disampaikan oleh BMKG Kalsel, suhu udara diperkirakan berkisar antara 21-25 derajat. Sedangkan kelembapan udara diperkirakan antara 40-95 persen," kata Mukhtar.

Dia juga menjelaskan, angin pada umumnya bertiup dari arah timur laut hingga selatan dengan kecepatan antara 5-35 km/jam.

Untuk Wilayah Kalimantan Selatan bagian utara seperti Kabupaten Tabalong, Balangan Hulu Sungai Utara pada 04-07 Oktober umumnya cerah hingga cerah berawan berpotensi hujan ringan, pada 08-10 Oktober umumnya cerah hingga cerah berawan dan berpotensi hujan ringan.

Kalimantan Selatan Bagian timur yang meliputi Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru pada 04-07 Oktober umumnya cerah hingga cerah berawan, pada 08-10 Oktober umumnya cerah hingga cerah berawan.

Kalimantan Selatan Bagian Selatan yang meliputi Kabupaten Tanah Laut sejak 04-10 Oktober umumnya cerah hingga cerah berawan.

Sedangkan Kalimantan bagian barat meliputi Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Barito Kuala, Banjar, Kota Banjarmasin dan Banjarbaru pada 04-10 Oktober umumnya cerah hingga cerah berawan dan berpotensi hujan ringan.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar waspada terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan yang berdampak pada kabut asap di Wilayah Kalimantan Selatan.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi gelombang tinggi yang mencapai dua meter dan banjir rob," terangnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023