Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menggelar kegiatan gerai pangan murah untuk mengatasi inflasi yang dilaksanakan di Kantor Desa Pelajau, Kecamatan Batumandi.

“Gerai pangan ini kami laksanakan untuk mengatasi inflasi, serta sekaligus launching penyaluran bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di desa setempat,” kata Plt Kepala DKP3 Kabupaten Balangan Rizkianor Fauzi di Balangan, Senin.

Rizki menuturkan bahwa gerai pangan murah merupakan program pemerintah pusat, yang mana dilaksanakan serentak secara nasional untuk menekan laju inflasi pada masing-masing daerah.

Rizki melanjutkan dalam kegiatan ini, Pemkab Balangan melalui DKP3 juga akan menyalurkan sejumlah bantuan pangan berupa beras kepada masyarakat yang kurang mampu, yang menjadi penerima manfaat dari program tersebut.

"Jadi hari ini kami akan memberikan bantuan sebanyak 954 karung beras untuk keluarga penerima manfaat dari DKP3, adapun tujuan dilaksanakannya gerai pangan murah ini untuk mengatasi inflasi dan khususnya di Desa Pelajau sendiri ada 74 KPM yang menerimanya," ujar Rizki.

Kemudian Rizki berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat dan menjaga stabilitas harga pangan, serta pemenuhan kebutuhan rumah tangga dapat terbantu.

Sementara itu salah satu warga Desa Pelajau Mama Jihan, dia merasa sangat terbantu dengan adanya gerai pangan murah apalagi disaat harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan.

"Dengan adanya pangan murah kami sangat terbantu, karena harganya terjangkau dan berharap di desa lain juga diadakan gerai pangan murah seperti ini," tutur Mama Jihan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023