London, (Antaranews Kalsel/Reuters) - Pertandingan perdana Jose Mourinho sebagai manajer Manchester United berakhir dengan kemenangan 3-1 di markas Bournemouth pada Minggu.  
   
Juan Mata mencetak gol perdana di liga pada era baru pada menit ke-40, menyusul kesalahan yang dilakukan kapten Bournemouth Simon Francis dan Wayne Rooney menanduk gol kedua sebelum menit ke-60.

Zlatan Ibrahimovic, yang menanduk gol penentu kemenangan pada pertandingan Community Shield melawan juara liga Leicester City pada akhir pekan silam, kemudian menandai debutnya di liga dengan mencetak gol melalui sepakan mendatar dari jarak 25 meter.

United, yang tidak diperkuat pemain termahal di dunia Paul Pogba yang diskors, gagal menorehkan clean sheet beberapa saat kemudian, ketika bek Adam Smith menaklukkan David de Gea melalui tembakannya dari jarak 12 meter.

Namun bek Pantai Gading Eric Bailly melakukan debutnya di Liga Inggris, dan gelandang Henrikh Mkhitaryan dimainkan untuk 15 menit terakhir sebagai pemain Armenia pertama yang tampil di liga kosmopolitan.

Ibrahimovic, yang kontras dengan 89 juta pound yang dikeluarkan klub untuk mendatangkan Pogba, di mana ia didatangkan dengan cuma-cuma dan mampu memelihara reputasinya untuk mencetak gol pada pertandingan pertama di liga baru.

"Tujuan pertama adalah kemenangan," ucapnya kepada Sky Sports.

"Hal yang kedua adalah, jika saya mampu, mencetak gol. Namun jika saya mencetak gol itu adalah bonus."
   
"Ini merupakan pertandingan sulit. Babak pertama kami tidak 100 persen namun babak kedua menjadi lebih mudah, terdapat lebih banyak ruang."
   
Rooney mengatakan kombinasi empat rekrutan hebat, plus manajer baru, akan bermakna "banyak kegembiraan" bagi para penggemar United, yang sebagian besar menelan kekecewaan melihat penampilan tidak menghibur di bawah pendahulu Mourinho, Louis van Gaal.

Dipecat oleh Chelsea pada Desember silam, Mourinho mengambil alih tim setelah pria Belanda itu dipecat pada akhir musim keduanya meski Setan Merah menjuarai Piala FA pada pertandingan terakhirnya.

"Saya sangat gembira," kata Mourinho. "Bournemouth selalu memulai dengan intensitas hebat namun kami memelihara kendali kami. Kami tidak terkejut dan kemudian kami mulai bermain."
   
Manajer Bournemouth Eddie Howe merasa kesalahan di pertahanan untuk gol pertama merusak timnya setelah awal yang menjanjikan.

"Menurut saya itu bahkan merupakan satu pertandingan sampai gol pertama, itulah momen kunci," ucapnya.

"Kami mendominasi fase-fase awal, namun Anda tidak dapat memberi hadiah gol-gol kepada Manchester United, seperti yang kami lakukan."
(H-RF)

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016