Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan melakukan pembenahan terhadap sejumlah tempat wisata untuk kenyamanan para pengunjung yang sedang berwisata.

“Untuk kenyamanan para pengunjung kami terus melakukan pembenahan terhadap wisata-wisata di Balangan, seperti membuat fasilitas pendukung berupa MCK hingga gazebo di tempat wisata,” kata Plt Kepala Disporapar Balangan Bambang Mulyadi kepada ANTARA, Kamis.

Bambang menuturkan, pembenahan terhadap tempat wisata ini tentunya juga dalam rangka untuk mendukung visi-misi kepala daerah yaitu pengembangan terhadap tempat-tempat wisata.

Bambang melanjutkan ada beberapa fasilitas pendukung di tempat wisata yang mereka laksanakan yaitu fasilitas berupa homestay, tempat parkir, gazebo dan Mandi Cuci Kakus (MCK) serta pintu gerbangnya.

Kemudian Bambang menjelaskan, pada tahun 2023 ini ada delapan paket pengerjaan yang dilakukan pemerintah daerah dalam membenahi fasilitas pendukung di tempat wisata.

“Salah satunya adalah pada tempat wisata Sungai Maranting di Kecamatan Tebing Tinggi, kita membangun gazebo dan MCK untuk kenyamanan para pengunjung,” ucap Bambang.

Sementara itu Bupati Balangan Abdul Hadi,  berpesan kepada masyarakat agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan bagi masyarakat yang datang ke tempat wisata demi keamanan dan kenyamanan para wisatawan untuk berwisata di Balangan.

"Semoga ke depan seluruh wisata kita di Bumi Sanggam ini semakin ramai dan lebih bagus lagi, agar para masyarakat maupun wisatawan di luar daerah banyak berkunjung ke tempat wisata kita," ujar bupati.

Sebagai informasi, di Kabupaten Balangan terdapat sebanyak 11 wisata alam alami dan buatan yang masuk dalam data Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balangan.

Yang pertama adalah wisata Watu Badinding di Desa Liyu Kecamatan Halong, Riam Bainggi di Dayak Pitap Tebing Tinggi, Gunung Hauk dan Arus Deras Nanai di Tebing Tinggi, Pasar Budaya Racah Mampulang di Desa Balida Paringin.

Lalu Taman Bunga Mekar Sari di Desa Tampang Lampihong, Danau Baruh Bahinu Binjai Bersinar di Desa Baruh Bahinu Paringin Selatan, Gunung Belawan di Desa Kapul Halong, Air Terjun Tayak di Desa Uren Halong, Goa Gunung Batu dan Sungai Maranting di Desa Sungsum Tebing Tinggi.

Terakhir Desa Wisata Budaya Wadian Tambai di Desa Kapul Halong dan Air Terjun Batarius di Desa Mamigang Halong.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023