Kandangan,(Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, memberikan bantuan 315 ekor sapi kepada peternak di tujuh kecamatan di daerah tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan peternak sekaligus memenuhi kebutuhan daging daerah.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Saidinoor di Kandangan Jumat mengatakan, pada 2016 ini, pemerintah menyediakan dana sebesar Rp3 miliar untuk membantu peternak dalam meningkatkan modal untuk mengembangkan usaha peternakannya.

Dana yang dimanfaatkan untuk membeli ternak tersebut merupakan dana bergulir, yang harus dikembalikan oleh peternak secara bertahap untuk kepentingan pengembangan peternak lainnya.

"Dari dana Rp3 miliar yang tersedia, telah kami realisasikan sebesar Rp2,9 miliar lebih," katanya.

Dana tersebut, kata dia, diberikan kepada 293 orang yang berada dalam 48 kelompok peternak yang tersebar di Kecamatan Kalumpang, Sungai Raya, Simpur, Kandangan, Angkinang, Padang Batung dan Telaga Langsat dengan jumlah ternak yang dibeli sebanyak 315 ekor.

Selanjutnya, kata dia, pemerintah tidak hanya memberikan tambahan modal pembelian ternak, pihaknya juga akan berupaya membantu untuk memasarkan ternak sapi yang telah dikembangkan, terutama pada saat menjelang lebaran haji.

Salah satu upaya membantu memasarkan ternak-ternak tersebut, dengan membuat surat ke seluruh SKPD serta selebaran penjualan ternak sapi kurban dan membuat center point selling dengan nomor Hp khusus,sehingga konsultasi harga dan tempat dapat dihubungi setiap waktu.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan, monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan DPKUP (Dana Pinjaman Kelompok Usaha Peternakan) tahun 2016 harus selalu dilakukan.

Menurut Bupati, DPKUP diberikan sebagai upaya Pemkab HSS untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya khususnya peternak sapi.

Bupati juga berharap, dana pinjaman ini agar dikelola dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi peternak, sehingga para peternak mampu menyetor kembali dana pinjaman tersebut ke kas daerah.

Bupati juga menjanjikan, akan mengevaluasj masukan dari peternak sapi,dengan harapan peternakan di daerah akan terus berkembang, sehingga sapi lokal bisa mencukupi kebutuhan warga apalagi sebentar lagi lebaran haji.

Begitu juga dengan kebutuhan ternak kambing, diharapkan juga akan mampu dicukupi oleh peternak lokal, sehingga masyarakat tidak perlu membeli atau mendatangkan sapi maupun kambing kurban dari luar daerah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016