Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Said Idrus Al-Habsyie hadiri haul atau peringatan wafat ke-28 Habib Ali bin Hasan Al Habsyie yang diikuti ribuan jamaah dari berbagai penjuru di provinsi setempat.
 
Kegiatan yang digelar di kediaman Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Jawa Martapura, Sabtu (2/09) malam juga dihadiri kepala SKPD di lingkungan Pemkab Banjar, para habaib, serta tokoh ulama.
 
Pelaksanaan haul diawali dengan pembacaan Maulid Simtud Durar, dilanjutkan lantunan ayat suci Al quran, zikir, tahlil dan diakhiri dengan doa yang diikuti dengan khusu' oleh ribuan jamaah.
 
Habib Umar Al Habsyie selaku perwakilan keluarga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu haul sehingga berjalan sukses dan lancar serta terima kasih undangan dan jamaah.
 
Habib Hasan bin Thahir Alaydrus dari Tarim Hadramaut dalam tausiyah mengemukakan amalan zikir dilakukan ulama salafus saleh dan mengajak jemaah melazimkan dzikir setiap hari minimal 320 kali.
 
"Orang yang mengamalkan dzikir setiap hari minimal 320 kali akan digolongkan Allah sebagai ahli zikir. Bahkan ulama besar setiap hari bisa mengamalkan dzikir 12 ribu hingga 120 ribu kali sehingga jadi amalan besar dan mendekatkan seseorang kepada Allah," ungkapnya.
 
Habib Ali bin Hasan Al Habsyie juga seorang ahli dzikir dan membuatnya dekat dengan Allah dan Rasulullah sehingga haul menjadi salah satu cara mengirim doa dan balas jasa anak-anak untuk mengenang dan meneladani perilaku almarhum.
 
Pembacaan manaqib oleh Habib Abdullah bin Hamid Al Habsyie yang diceritakan, Habib Ali lahir di Kota Hadramaut 1894 dan sejak kecil dibekali ilmu-ilmu agama dan pernah belajar di Rubath Tarim asuhan Habib Abdullah bin Umar Assyatiri.
 
Habib Ali adalah sepupu dari Habib Zein Al Habsyie yang merupakan ayah angkat Guru Zaini (Abah Guru Sekumpul). Sebagai ulama sepuh kala itu Habib Ali mendukung dan selalu menghadiri majelis Guru Zaini baik di Keraton maupun Sekumpul serta majelis ulama-ulama besar Martapura.
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023