Musyawarah Daerah Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Tabalong, Kalimantan Selatan  menetapkan Kadarisman sebagai ketua terpilih periode 2023 - 2025 secara aklamasi.

 Kadarisman dan kepengurusan Dekopinda langsung dilantik oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah  (Dekopinwil) Kalsel Drs H Rizalul Gadi, di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Tabalong, Sabtu (26/8).

Baca juga: Dekopin Bangun Restauran Terapung

"Ini yang saya lihat paling kompak,  indikatornya sederhana saja dalam waktu singkat panitia dapat menyiapkan begitu baik bahkan  lengkap dengan seragam kepengurusan," ujar Rizalul Gadi.

Rizalul  mengaku optimis Dekopinda Tabalong  menjadi lebih baik di kepengurusan ke depan dilihat dari kekompakan dan solidnya koperasi - koperasi di Tabalong menyiapkan Musda hingga pelantikkan dalam waktu yang singkat.

Mantan pegawai Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) yang berubah menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah XI Kalimantan tersebut  melantik kepengurusan Dekopinda Tabalong yang dihadiri   Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dan pejabat instansi terkait.

Ketua Dekopinda Kabupaten Tabalong, Kadarisman mengatakan akan melakukan konsolidasi perkoperasian yang ada di 'Bumi Saraba Kawa' ini.

Menurutnya, problem koperasi di Tabalong serupa dan mirip dengan persoalan yang dihadapi banyak koperasi lainnya di Indonesia. 

Pihaknya akan merumuskan persoalan tersebut agar dapat diambil hepotesanya sebagai langkah awal membangun gerakkan baru koperasi.

"Kami akan merumuskan persoalan yang dihadapi koperasi sekarang untuk kita ambil hepotesanya. Berangkat dari sana, kami akan bangun kembali koperasi sebagai soko guru ekonomi rakyat yang berlandaskan kebersamaan,"  jelasnya.

Bupati  Tabalong H Anang Syakhfiani menjanjikan memfasilitasi dua orang pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tabalong untuk studi tiru tentang perkoperasian ke Provinsi Sulawesi Selatan. 

Bahkan bupati mempersilakan jika ada referensi lain ke daerah mana pun yang di tempat itu terdapat koperasi yang maju untuk menjadi tujuan studi tiru.

"Kalau Dekopin mau belajar soal koperasi saya akan fasilitasi untuk studi tiru ke Sulawesi," jelas Anang.

Baca juga: Dekopin to build floating restaurant

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023