Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru Kalimantan Selatan Fatma Idiana Sayed Jafar mendorong untuk meningkatkan kualitas keluarga melalui program peningkatan kualitas keluarga daerah (PK2d) di Desa Sangsang Kecamatan Kelumpang Tengah.

Hal itu disampaikan oleh ketua PKK seusai meresmikan kegiatan monitoring dan evaluasi PK2KD serta meresmikan sekretariat PKK dan Perpustakaan di Desa Sungai Karuh serta peresmian pencanangan desa ramah perempuan dan peduli anak di Desa Sang Sang.

"Keluarga sebagai unit terkecil masyarakat memiliki peran besar dalam mendukung pembangunan nasional," kata Idiana di Kotabaru, Rabu

Ia menjelaskan, berdasarkan RPJMN IV 2022-2024 disebutkan membangun kebudayaan dan karakter bangsa, salah satu fokus meningkatkan kualitas dan ketahanan keluarga dengan adanya target indeks pembangunan keluarga.

Desa sangsang kecamatan Kelumpang Tengah menjadi salah satu desa di kabupaten Kotabaru yang menjadi objek tim penilaian peningkatan kualitas keluarga daerah (PK2D) provinsi Kalimantan selatan tahun 2023.

Desa sangsang terpilih sebagai lokus program PK2D diantaranya adalah karena kondisi keluarga dan indeks ketahanan keluarga yang masih di bawah garis kualitas yang cukup, sehingga perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

"Keluarga yang berkualitas adalah keluarga yang benar benar memperhatikan berbagai aspek penting yang menyertainya, mulai dari lingkungan tempat tinggal, kesehatan, pendidikan bagi anak hingga kebutuhan gizi keluarga," katanya.

Ketua PKK menambahkan, sasaran gerakan PKK adalah keluarga baik perdesaan maupun perkotaan yang perlu di tingkatkan dan di kembangkan kemampuan dan kepribadian dalam bidang mental spritual meliputi sikap dan prilaku sebagai insan hamba Tuhan.

fisik material meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis dari SKPD di antaranya menyerahkan KTP oleh Disdukcapil, penyerahan alat industri rumahan dan BKB kids siap nikah oleh PPPAPPKB dan menyerahkan buku buku pustaka dari Disarsipus.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023