Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah dan pengusaha Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, umrahkan tiga petugas kebersihan dan memberangkatkan 30 orang petugas kebersihan lainnya berziarah ke makam Wali Songo sebagai penghargaan karena berjasa memenangkan Adipura bagi Kota Barabai.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup HST Ahmad Tamzil di Barabai, Rabu, mengatakan setelah sukses meraih piala Adipura ke 4 dari Wakil Presiden RI Yusuf Kalla, Pemerintah Kabupaten HST menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pasukan kuning berupa pemberian penghargaan.

Penghargaan yang diberikan bukan berupa uang atau piagam, namun tiket menjalankan ibadah umroh kepada 3 orang petugas kebersihan (pasukan kuning) dan 30 orang diberangkatkan ziarah wali songo.

Dari proses pengundian, yang berangkat umroh oleh Bupati HST H Abdul Latif bersama para unsur muspida, keluar nama yang beruntung adalah Muhammad Saleh, Hendri Iryanto, dan Muhammad Mahdi.

"Rencana awal petugas kebersihan yang diberangkan umroh hanya dua orang saja, dengan biaya yang dibantu oleh H Misran salah satu pengusaha orang asli HST, tetapi bupati H Abdul Latif menambahkan satu orang lagi sehingga menjadi tiga orang," katanya.

Sedangkan yang tiga puluh (30) orang lainnya, berangkat ziarah Wali Songo ke Pulau Jawa yang dibiayai pemerintah dengan uang saku masing-masing Rp500 ribu, yang juga diberikan oleh salah seorang pengusaha yaitu H Rahmadi bersama Ketua DPRD HST H Saban Efendi.

Di samping itu, Bupati Latif juga menyampaikan setiap tahun, mereka juga diberikan upah tambahan prestasi (seperti layaknya gaji ke 13) yang akan dianggarkan pada perubahan anggaran 2016.

"Kami juga menjamin kesehatan petugas kebersihan untuk kelas 2 kerjasama dengan BPJS yang kini sudah dianggarkan pada perubahan anggaran," katanya. 

Pewarta: M Taufik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016