Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menginginkan provinsinya kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas).

Keinginan itu dikemukakan gubernur Kalsel saat melepas kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan ke Porwanas XII tahun 2016 di Gedung Surya Futsal, Banjarmasin, Sabtu.

Paman Birin (panggilan lain Sahbirin Noor) yang belum enam bulan menjabat Gubernur Kalsel berharap, pelaksanaan Porwanas tersebut jika memungkinkan sebelum akhir masa jabatannya pada 2016-2021.

"Kalau ketika Porwanas XI tahun 2013, dimana Kalsel sebagai tuan rumah hanya berhasil meraih juara empat, maka pada Porwanas berikut dan Kalsel menjadi pelaksana, kita harus mampu minimal juara tiga," ujarnya.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) tersebut juga mengingatkan atlet PWI Kalsel fokus dalam bertanding dengan tetap menjaga sportivitas di arean Porwanas XII yang berlangsung di "Bumi Siliwangi" Jawa Barat (Jabar).

Selain itu, agar atlet PWI Kalsel tetap menjaga kesehatan supaya bisa berlaga dengan prima dalam Porwanas XII di Jabar yang juga sebagai Tanah Pasundan, yang dimulai 25 Juli 2016 selama sepekan, demikian Paman Birin.

Sementara itu, Ketua PWI Kalsel Fathurrahman menyatakan, kontingennya akan berlaga secara penuh atau mengikuti semua cabang olahraga pada Porwanas XII di kota "Bandung Lautan Api" Jabar tersebut.

"Bahkan kita juga mengikuti tiga lomba non olahraga yang digelar bersamaan Porwanas XII, yaitu karya tulis jurnalistik, foto jurnalistrik dan reportase," ujar Ketua PWI Kalsel dua periode itu.

Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porwanas XII yaitu sepak bola, futsal, tenis lapangan, tenis meja, boling, bilyar, catur, bridge, bulu tangkis, dan atletik, demikian Fathurrahman.

Kontingen PWI Kalsel ke Porwanas XII tersebut berangkat ke Bandung, 25 Juli 2016 melalui Ibukota Jakarta dan sebagian langsung dari Bandara Banjarmasin ke "kota Parahiyangan" yang berjuluk kota kembang tersebut.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016