Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, memperjuangkan pemasangan base transceiver station (BTS) di desa yang tidak terjangkau sinyal telekomunikasi atau blankspot.

"Ada 51 desa yang kami usulkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (RI), namun yang diverifikasi hanya 41 desa," kata Kepala Dinas Kominfo SP Tanah Bumbu Hj. Mariani di Batulicin Selasa.

Dia mengatakan, 41 desa tersebut tersebar di kecamatan yang ada di Tanah Bumbu. Diantaranya Desa Tapus, Tiberau Panjang  Kecamatan Teluk Kepayang.

Desa Batilicin Irigasi Pematang Ulin, Karang Rejio dan Desa Pandan Sari Kecamatan Karang Bintang. Desa Pandamaran Jaya dan Desa Tegal Sari Kecamatan Satui.

Desa Damar Indah, Desa Sumber Sari Kecamatan Angsana. Desa Betung Kecamatan Kusan Hilir. Desa Anjir Baru Desa Sungai Rukam Kecamatan Kusan Hulu, Desa Dukuh Rejo Kecamatan Mnetewe.

Desa Indra Loka Jaya kecamatan Kuranji, Desa Tantte Kecamatan Kusan Hilir, Desa Bakarangan Kecamatan Kusan Hulu. Desa Maju Mulyo Kecamatan Mentewe. Desa Karya Bakti, Saring Sei Binjai, Satiung, Salimuran, Mekar Jaya, Pulau Tanjung, Hati,if, Tamunih, Batu Bulan, Dadap Kusan Raya, Darasan Binjai, Teluk Kepayang Kecamatan Teluk Kepayang.

Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui, Desa Rangkit Kecamatan Kuranji, Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban. Desa Angsana Kecamatan Angsana, Desa Muara Pagatan Tengah Kecamatan Kusan Hilir. Desa Pacakan Kecamatan Kusan Huku Desa Batu Ampar Kecamatan Simpang Empat dan Desa Mantawakan Mulia Kecamatan Mentewe.

Desa tersebut telah disingkronisasi dan coklit infrastruktur dan layanan seluler 4G penyelenggaraan data desa blankspot.

Sedangkan desa yang tidak terverifikasi akan tetap terjangkau sinyal dari desa tetangga yang memiliki BTS dan penguat sinyal.

Ada 17 desa P1 atau jangka pendek bantuan penguat sinyal, empat desa P2 atau jangka menengah bantuan pembangunan menara telekomunikasi. Kemudian 21 desa P3 atau jangka panjang bantuan pembangunan menara telekomunikasi yang tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Tanah Bumbu.

Sementara itu, Kabid Aplikasi dan Informatika pada Diskominfo SP Tanah Bumbu Rini juga mengungkapkan bahwa, di Indonesia ada 1000 desa yang terverifikasi proposal "Desa Blankspot".

"Provinsi yang paling banyak mendapatkan respon dari Kementerian Kominfo adalah Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Tanah Bumbu Yakni 42 desa 51 desa yang diajukan," jelas Rini.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023