Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mewacankan pembangunan jalan tol atau bebas hambatan antara Banjarbaru - Batulicin (sekitar 260 kilometer timur Banjarmasin), ibukota Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Selatan HM Jasran ketika dikonfirmasi anggota Press Room DPRD provinsi setempat di Banjarmasin, Kamis, membenarkan wacana pembangunan jalan tol tersebut.

"Insya Allah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2016, kita anggarkan untuk studi kelayakan pembangunan jalan tol tersebut," tuturnya saat berada di DPRD Kalsel.

Oleh karena baru dalam tahap studi kelayakan, dia belum bisa memberikan gambaran keperluan pembiayaan untuk membangun jalan tol sepanjang 120 kilometer guna mempercepat hubungan ke/dari wilayah timur Kalsel tersebut.

Walau baru tahap studi kelayakan, Kepala Bappeda Kalsel tersebut tampak optimistis jalan tol dari "kota idaman" Banjarbaru - "Bumi Bersujud" Tanah Bumbu (Tanbu) itu akan terwujud, kendati untuk sementara pembiayaannya dari APBD provinsi setempat.

Optimistis itu tergambar dari ucapannya, yaitu pada APBD Kalsel tahun 2017, pemerintah provinsi (Pemprov) setempat kembali menganggarkan untuk tindak lanjut perencanaan pembangunan jalan tol tersebut.

Mengenai studi kelayakan untuk pembangunan jalan tol tersebut, dia mengatakan, ada tiga aspek, yaitu secara teknis, finansial dan aspek ekonomis.

Ia menerangkan, aspek teknis tersebut yaitu kelayakan tata letak/titik jalan tol, kemudian aspek finansial berkaitan dengan pendanaan/pembiayaan, dan aspek ekonomis berhubungan kemanfaatan atas keberadaan prasarana perhubungan itu.

"Ketiga aspek yang akan menjadi fokus/sasaran studi kelayakan untuk pembangunan jalan tol tersebut tampaknya memungkinkan," demikian Jasran yang sebelumnya sebagai Sekretaris Bappeda Kalsel.

Kehadiran Kepala Bappeda tersebut untuk bersama-sama Panitia Khusus (Pansus) Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota itu membahas RPJMD Kalsel 2016 - 2021.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Komisi III bidang pembangunan dan infrastruktur DPRD Kalsel H Bardisnsyah ketika dimintai komentar rencana pembangunan jalan tol, tidak banyak bicara.

"Kita lihat saja nanti perkembangannya. Begitu pula, apakah anggaran untuk mengawali perencanaan pembangunan jalan tol tersebut masuk APBD-P Kalsel 2016," ucapnya sambil tersenyum.

"Namun secara pribadi sampai saat ini belum mengetahui pasti rencana pembangunan jalan tol Banjarbaru - Batulicin," tutur politisi Partai Golkar tersebut saat berada di ruang Komisi III DPRD Kalsel yang juga membidangi perhubungan.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016