Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan meraih predikat tingkat Madya Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Perolehan penghargaan tersebut naik dari tahun sebelumnya meraih predikat Pratama selama dua tahun berturut-turut.

Baca juga: Banjarmasin kembali raih penghargaan kota layak anak predikat Nindya

“Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak merupakan bentuk apresiasi atas segala komitmen dan keseriusan para gubernur, bupati, walikota dan jajarannya berupaya menghadirkan wilayahnya  aman bagi anak,"  ujar Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam siaran pers diterima, Sabtu.

Menurut dia, amanat kontitusi  mewajibkan negara untuk memenuhi semua hak anak, melindungi anak dan menghargai pandangan anak.

"Sebagaimana tercantum dalam Konvensi Hak Anak yang diratifikasi melalui peraturan perundangan lainnya,” pungkasnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Barito Kuala telah melaksanakan evaluasi KLA yang dilakukan melalui mekanisme evaluasi mandiri Februari sampai Maret 2023.

Verifikasi administrasi sampai ke tahap pembuktian melalui verfikasi hybrid dan verfikasi lapangan Juni 2023. 

Baca juga: HSS raih anugerah penghargaan KLA kategori Nindya

Evaluasi KLA oleh Kemen PPPA dilakukan dengan melibatkan kementerian lembaga terkait, pakar anak, perguruan tinggi dan mendengarkan suara anak atau aspirasi anak terhadap pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus diwilayahnya. 

Pada Malam Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak di Semarang, Jumat (22/7/2023), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menganugerahi Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2023 kepada 360 kabupaten/kota se- Indonesia.

Dari jumlah tersebut 19 menerima penghargaan kategori Utama, 76  menerima penghargaan kategori Nindya, 130 menerima penghargaan  kategori Madya dan 135 menerima penghargaan  kategori Pratama. 

Sedangkan untuk penghargaan Provinsi Layak Anak (PROVILA) juga turut diberikan kepada 14 provinsi se-Indonesia. 

Baca juga: Bupati harapkan kegiatan VLH berikan masukan perkuat posisi KLA HSS

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023